Sinergi Dewan Pers dan Diskominfo Badung Gelar Media Literasi | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 04 Oktober 2024
Diposting : 4 October 2024 14:00
ANA - Bali Tribune
Bali Tribune / SINERGI - Dewan Pers bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Badung bersinergi mengadakan acara bertajuk “Media Literasi " di Kantor Diskominfo, Kamis (3/10).

balitribune.co.id | Mangupura - Dewan Pers bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Badung mengadakan acara bertajuk “Media Literasi: Mewujudkan Kemitraan Yang Berkualitas, Menjalin Hubungan Yang Proporsional dan Profesional dengan Media” pada Kamis (3/10) di Ruang Rapat Gita Gosana, Diskominfo Badung. 

Media Literasi merupakan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya informasi yang tepat dan dapat dipercaya. Sekaligus menyikapi praktek penyalahgunaan profesi wartawan yang dikeluhkan masyarakat di era yang serba digital ini.  

Wakil Ketua Dewan Pers, M. Agung Dharmajaya menjelaskan bahwa kegiatan media literasi adalah upaya Dewan Pers dalam menangani permasalahan pers. Masyarakat juga dapat melaporkan kepada ahli pers terkait pemberitaan yang merugikan.  

“Kami sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang ikut serta dalam mendukung kegiatan media literasi ini. Kegiatan tersebut penting dilaksanakan untuk menangani berbagai permasalahan pers di era digital saat ini. Terlebih lagi, kami memiliki 2 agenda penting di Bali yakni, literasi media dan penyegaran ahli pers, dimana Dewan Pers itu memiliki ahli yang tersebar di seluruh Provinsi di Indonesia. Ketika masyarakat maupun institusi merasa dirugikan terkait pemberitaan yang diterbitkan oleh media, dapat langsung melaporkan ke ahli pers tersebut untuk ditindaklanjuti”, jelas Agung Dharmajaya. 

Ia juga berharap agar media literasi yang dilaksanakan hari ini dapat terus berlanjut kedepannya.

“Semoga kegiatan ini tetap berlanjut, agar peran media lebih banyak mendapat kepercayaan dari masyarakat dalam menyajikan informasi,” ujar Agung Dharmajaya. 

Kepala Diskominfo Kabupaten Badung,  I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra, S.Sos., M.A.P., menyatakan kegiatan media literasi sangat penting untuk diketahui perangkat daerah maupun masyarakat terkait dunia pers. 

“Kagiatan literasi media yang dilakukan oleh Dewan Pers di Pemerintah Kabupaten Badung, kami rasa sangat positif untuk berbagi pengetahuan tentang dunia pers seperti, tujuan pers untuk masyarakat, berbagi organisasi jurnalistik, dinamika kehidupan pers, tantangan dunia pers, verifikasi perijinan pers dan lain sebagainya. Dimana hal tersebut sangat perlu diketahui oleh perangkat daerah sebagai pelaku teknis kegiatan pemerintahanan dalam melaksanakan agenda pembangunan”, ucap I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra.

Acara tersebut dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Badung, I Nyoman Sujendra, S.Pd., M.M dan dihadiri oleh Kepala Diskominfo Badung, I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra, S.Sos., M.A.P., perwakilan setiap perangkat daerah serta rekan media. Selain itu,  kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari petinggi Dewan Pers yaitu, Wakil Ketua Dewan Pers, M. Agung Dharmajaya, Anggota Dewan Pers, Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga, Totok Suryanto, Anggota Dewan Pers, Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers, Yadi Heriyadi Hendriana dan Kasubid Penmas AKBP Ketut Eka Jaya, S.Sos.