Aroma Bunga Melati di Pengharum Ruangan Membangkitkan Memori Menenangkan Berasa Healing di Bali | Bali Tribune
Diposting : 10 October 2024 18:25
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / PARFUM - di sela-sela mengenalkan varian baru wangi bunga melati, perusahaan pengharum ruangan mengajak sejumlah media belajar meracik parfum di Sanur, Denpasar, Kamis (10/10

balitribune.co.id | DenpasarRitual dan budaya masyarakat Bali tidak hanya menjadi daya tarik wisatawan untuk datang berwisata di Pulau Bali. Budaya masyarakat di pulau ini yang tidak terlepas dari penggunaan bunga dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk ritual keagamaan, juga menginspirasi perusahaan pengharum ruangan berinovasi mengembangkan aroma khas Bali. Wangi Bali di dalam pengharum ruangan tersebut dengan menggunakan aroma bunga melati atau Jasmine. Varian baru tersebut akan dipasarkan hingga ke mancanegara. Sehingga tidak hanya masyarakat Indonesia yang bisa merasakan keharuman khas Bali tersebut. 

Perusahaan pengharum ruangan Stella Air Freshener mengangkat bunga melati sebagai wangi terbaru produknya untuk memberikan aroma menenangkan ala Pulau Dewata atau Calming Scent of Paradise Island. Felix Sentana, Brand Head Stella mengatakan, bisnis pengharum ruangan ini ada di Indonesia, sehingga membuat suasana rumah para pelanggan pengharum ruangan ini selalu wangi dengan bunga khas daerah di Indonesia seperti Bali yang identik dengan aroma bunga melati atau Jasmine. 

"Melati bunga yang disukai masyarakat Indonesia, sehingga kami buat produk aroma bunga melati. Produk ini dibuat dan oleh untuk orang Indonesia hingga menyebar di luar negeri," paparnya saat mengenalkan varian terbaru wangi bunga melati untuk pengharum ruangan sembari mengajak sejumlah media meracik parfum di Sanur, Denpasar, Kamis (10/10).

Ia menuturkan, dengan Stella Balinese Jasmine Sensation, yang menghirup aroma bunga melati akan merasakan sensasi Healing ala Bali di rumah. Wangi jasmine atau bunga melati ini menghadirkan aroma yang menenangkan khas Bali dan dapat membantu untuk bersantai serta terhubung kembali dengan memori-memori paling mengesankan dari kedamaian Pulau Dewata.

"Pernahkah mencium scent (wangi) dan memori anda kembali ke sebuah momen, tempat, atau perasaan tertentu? Mungkin wangi laut yang mengingatkan kenangan liburan yang menyenangkan, atau wangi jasmine yang membangkitkan ingatan akan momen bersantai di Bali?

Hubungan yang kuat antara penciuman dan memori ini tertanam kuat dalam benak manusia. Sejak sembilan dekade yang lalu, penelitian sudah mengeksplorasi hubungan yang erat antara wangi dan memori. Penciuman dapat langsung memicu respons emosional bersama dengan memori, dan kondisi emosional kita. Wangi diproses di bagian otak yang berperan dalam pembentukan memori.

Saat kita mencium sesuatu, otak langsung memproses wangi tersebut dengan emosi dan kenangan yang tersimpan. Karena wangi dapat memicu aktivitas di bagian otak yang mengatur emosi, wangi disuatu tempat seringkali mengingatkan pada rasa yang pernah ada di tempat yang sama.

Hubungan mendalam antara wangi dan memori ini menginspirasi Stella Air Freshener, merek pengharum ruangan dari Godrej Consumer Products Indonesia memproduksi varian terbarunya dengan wangi floral bunga putih yang menenangkan, dibuat khusus untuk membangkitkan kenangan liburan ke Bali yang selalu meninggalkan kesan istimewa," papar Felix Sentana.

Lebih lanjut ia mengatakan, ketika berbicara tentang Bali, banyak momen indah tak terlupakan, bukan hanya pemandangan pantai berpasir putih yang memukau, tetapi juga pengalaman indra melibatkan wangi. Dengan memadukan wangi Jasmine yang segar dan menenangkan dengan fruity green, ylang ylang, mawar dan balsamic. Di-infus dengan kandungan minyak esensial, Stella Balinese Jasmine Sensation menghadirkan nuansa kenyamanan yang lembut di berbagai sudut ruangan, yang akan membawa kembali momen-momen indah saat Healing di Pulau Dewata.

"Bali bukan hanya destinasi wisata paling favorit di Indonesia, tetapi juga tempat berlibur yang menawarkan pengalaman tak terlupakan. Bali kaya akan budaya, pemandangan alam, dan wangi khas tropis yang memikat. Stella terinspirasi dari suasana Bali, ketika kami mencari cara untuk meningkatkan kenyamanan saat berada di suatu tempat atau ruangan tempat tinggal dan menciptakan atmosfer yang meningkatkan relaksasi. Dengan wangi Healing ala Bali, pengharum ruangan ini dirancang untuk membangkitkan memori menenangkan dan menyenangkan saat Healing di Bali, atau menciptakan pengalaman baru yang penuh relaksasi dan kegembiraan," jelasnya.

Ia menambahkan, wangi Jasmine telah lama diasosiasikan dengan ketenangan dan ketenteraman sehingga banyak digunakan dalam aromaterapi, menjadikannya pilihan ideal bagi yang ingin meningkatkan suasana nyaman di rumah. Hal tersebut selaras dengan hasil Consumer Research intern pada 2024 yang menunjukan sebanyak kurang lebih 60% konsumen menyatakan wangi floral adalah wangi yang paling disukai, termasuk wangi Jasmine.