Sanur Village Festival 2024 Berlangsung di Pantai Mertasari | Bali Tribune
Diposting : 14 October 2024 18:15
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / SVF - konferensi pers Sanur Village Festival 2024 di Sanur, Denpasar, Senin (14/10)

balitribune.co.id | Denpasar - Sanur Village Festival (SVF atau Sanfest) yang merupakan kegiatan tahunan untuk mempromosikan pariwisata Sanur secara khusus dan Denpasar, Bali secara umum tahun 2024 ini digelar 16-20 Oktober di Pantai Mertasari Sanur, Denpasar. Ketua Yayasan Pembangunan Sanur sekaligus Ketua Panitia SVF 2024, Ida Bagus Gede Sidharta Putra mengatakan, Sanur merupakan pionir pariwisata di Denpasar.

"Setelah mengalami masa sulit, khususnya tragedi bom Bali 2, Sanur kini telah bangkit sehingga kita memilih Sanur Village Festival (SVF) sebagai sebuah ajang untuk promosi pariwisata, khususnya Kota Denpasar dan Bali pada umumnya,” katanya di Denpasar, Senin (14/10).

SVF tahun 2024 ini, ada beberapa hal yang difokuskan yaitu lebih memberikan ruang kepada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), pemain ekonomi kreatif, seniman, komunitas dan lainnya. Diharapkan ajang tahunan ini mampu menumbuhkan inovasi dan kreativitas pelaku UMKM, karena sektor pariwisata ditopang pula oleh UMKM.

”Kami menyadari untuk menjadi event (kegiatan) tahunan yang dinanti masyarakat maupun wisatawan mancanegara diperlukan sebuah kreativitas dan inovasi yang selalu berkembang dan tidak boleh stagnan,” ujarnya.

Keberadaan SVF diharapkan dapat mendukung pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah ini. Ia yang akrab disapa Gusde menegaskan, SVF 2024 ini akan kuat dengan budaya, pertunjukan komunitas, sanggar seni sekolah di Sanur sampai dengan sanggar profesional. Institut Seni Indonesia (ISI) juga akan ikut menjadi bagian dari kolaborasi. Panggung seni budaya akan menampilkan musik nasional lokal, juga memberi ruang UMKM penggiat makanan. 

“Sudah 19 tahun, pasti ada perubahan selera. Kami berharap SVF di 2024 ini dapat berjalan sustainable. Keberlanjutan ini ditentukan oleh bagaimana diterimanya festival ini sesuai dengan selera audiens yang datang,” ucap Gusde.

Kata dia, para pengunjung diajak menikmati ragam kuliner di Sanur Village Festival ke-17 ini. Pada setiap festival, kuliner selalu hadir melengkapi. Mulai dari jajanan pasar hingga olahan restoran bintang 5. Berbeda dengan festival pada umumnya, kali ini akan menghadirkan kuliner antimainstream. 

Pengalaman kuliner yang tak terlupakan ini menghadirkan kekayaan masakan dari restoran dan UMKM yang ada di Sanur. Selama 5 hari, pengunjung dapat menikmati pengalaman kuliner yang berbeda dari biasanya. Selain itu, pengunjung tidak perlu mengelilingi Sanur untuk dapat menikmati kuliner yang ada di Sanur, cukup datang ke Sanur Village Festival untuk menikmati ragam kuliner Sanur dalam satu area tempat festival berlangsung.