Tingkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi, Astra Motor Bali Gelar Pelatihan untuk Guru Bersertifikasi | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 21 Oktober 2024
Diposting : 20 October 2024 18:04
HEN - Bali Tribune
Bali Tribune / PELATIHAN - kegiatan “Pelatihan Modul Dasar” untuk para guru yang bersertifikasi level Bronze Sekolah Mengengah Kejuruan (SMK) Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (KTBSM) Astra Honda

balitribune.co.id | Denpasar –  Bentuk komitmen Astra Motor Bali dalam berkontribusi meningkatkan kualitas Pendidikan vokasi di buktikan dengan menggelar kegiatan “Pelatihan Modul Dasar” untuk para guru yang bersertifikasi level Bronze Sekolah Mengengah Kejuruan (SMK) Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (KTBSM) Astra Honda. Pelatihan yang diikuti SMK binaan diantaranya, SMKN 3 Singaraja, SMK N 1 Amplapura, SMK PGRI 2 Badung, SMK N 1 Grogak Singaraja berlangsung selama 1 minggu dari 14-19 Oktober 2024 berlokasi di ruang training center Astra Motor Bali.

Mendapat bimbingan langsung dari para Instruktor Technical Honda yang memberikan materi meliputi materi komponen mesin, transmisi otomatis, bahan bakar, dan teknologi PGM FI. Selain itu materi terkait alat ukur, perawatan tools, wiring diagram, baterai, pengapian dan pengisisan, bongkar dan pasang body motor, dan ganti oli, juga terus didalami jelang pelatihan.

Made Putra Astika selaku Vacation Dept Officer Main Dealer Astra Motor Bali yang sekaligus sebagai pengajar menyebutkan pelatihan modul dasar ini bertujuan meningkatkan dan memperkuat kompetensi para guru SMK Mitra Binaan AHM sebagai garda terdepan dunia pendidikan vokasi dalam melahirkan para generasi muda Bali yang membanggakan.

“Materi ajar yang disampaikan sekaligus untuk memperkuat skill para guru SMK Mitra Binaan AHM dalam melakukan perawatan dan pengetahuan tentang teknologi motor Honda, para pengajar juga membuka kesempatan melakukan praktek langsung menyelesaikan setiap trouble pada mesin dan sejumlah komponen penting motor Honda. Peserta sangat antusias untuk memperdalam pengetahuannya,” ungkap Made Putra.

Selama pelatihan berlangsung peserta selain di berikan teori juga diskusi bersama secara bergrup dengan memberikan studi kasus serta praktik secara langsung atas permasalahan motor

Salah satu peserta, Ferlla Putri Yosita, S.Pd. sebagai Guru TBSM baru di SMK Negeri 1 Amlapura menyampaikan bahwa mengikuti pelatihan modul dasar dari Astra Motor ini yang pastinya akan sangat bermanfaat sebagai bahan saat proses belajar mengajar nantinya berlangsung di sekolah. Pelatihan ini juga sebagai ajang untuk sharuing dan bertanya sebanyak mungkin sehigga saat kembali mengajar bisa maksimal serta bisa di kembangkan disesuaikan dengan kondisi sekolah, ujarnya disela-sela pelatihan berlangsung.

Achmad Wahyudi Irmono selaku Vocation & Technical Service Dept Manager Astra Motor Bali,menyatakan “Sebagai bentuk implementasi program Sinergi Bagi Negeri, kami memberikan pelatihan kepada guru baru TBSM untuk bisa meraih sertifikasi standard industri guru level bronze. Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas tenaga ajar di SMK binaan Bali sehingga mampu melahirkan generasi masa depan yang terbaik,” tutupnya.