Desa Awan, Duta Desa Antikorupsi Kabupaten Bangli | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 23 Oktober 2024
Diposting : 22 October 2024 21:09
SAM - Bali Tribune
Bali Tribune / DUTA - Desa Awan, Kecamatan Kintamani menjadi duta Kabupaten Bangli dalam Penilaian Desa Anti korupsi 2024. Penilaian dilakukan oleh Inspektorat Provinsi Bali, Selasa, (22/10) di Aula Kantor Desa Awan.

balitribune.co.id | Bangli - Desa Awan, Kecamatan Kintamani menjadi duta Kabupaten Bangli dalam Penilaian Desa Antikorupsi 2024. Penilaian dilakukan oleh Inspektorat Provinsi Bali, Selasa, (22/10) di Aula Kantor Desa Awan.

Hadir dalam peniliaan itu, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Bangli Dr. Drs I Made Rentin, AP., M. Si. Diketahui, Desa Awan telah melewati tahapan pembinaan dan penetapan Desa Antikorupsi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangli. Penilaian  Desa Antikorupsi Tingkat Kabupaten Tahun 2024 dilaksanakan oleh tim penilai dari Provinsi Bali yang terdiri dari Inspektorat, Dinas PMD dan Dinas Kominfo. 

Pjs Bupati Bangli Made Rentin,  menyampaikan bahwa Desa Antikorupsi merupakan sebuah program Pencegahan Korupsi pada Pemerintahan Desa melalui 5 Indikator. Yakni, Penguatan Tata Laksana, Penguatan Pengawasan, Penguatan Kualitas Pelayanan Publik, Penguatan Partisipasi Masyarakat dan Kearifan Lokal. Lanjut Made Rentin, untuk menyampaikan nilai-nilai antikorupsi hingga tingkat desa maka diperlukan kegiatan yang bersifat masif yang dapat diikuti oleh seluruh desa di Kabupaten Bangli.

"Kegiatan ini, kita harapkan akan menjadi trigger tidak hanya bagi aparatur desa yang menjalankan sistem pemerintahan desa, namun juga bagi seluruh elemen masyarakat yang ada di desa untuk turut serta membangun karakter desa, dengan menempatkan integritas/antikorupsi sebagai nilai utama dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Menurutnya, korupsi merupakan masalah serius yang merugikan masyarakat dan negara.

"Mari kita bersama-sama melawannya dengan mengimplementasikan sembilan nilai-nilai integritas dari anti korupsi yaitu jujur, mandiri, tanggung jawab, berani, sederhana, peduli, disiplin, adil dan kerja keras," tegas Pjs Bupati Bangli asal Desa Mengwi.

Untuk itu diharapkan Desa Awan dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Kabupaten Bangli dan menjadi motivasi bagi desa lain untuk terus berbenah meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan termasuk tata kelola pemerintahan di Kabupaten Bangli.

"Pemerintah Kabupaten Bangli yang akan terus berupaya untuk melakukan pencegahan korupsi di tingkat desa," ujarnya.