Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Lakukan Latihan Salvage | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 26 Desember 2024
Diposting : 13 May 2017 12:15
release - Bali Tribune
BANDARA
LATIHAN RUTIN - latihan salvage cluster Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Rabu (10/5). Latihan ini rutin dilakukan setiap tahun.

BALI TRIBUNE - Pesawat Murai Air type Boeing 737-900 ER PK-CGT dengan flight number DPS 123 dari SUB-DPS mengalami Hydraulic Trouble, semua roda pendaratan tidak bisa dikeluarkan. Pilot mengambil keputusan untuk melakukan pendaratan darurat Belly Landing karena ketersediaan bahan bakar mulai menipis.

Segala persiapan untuk belly landing telah dipersiapkan oleh tim ARFF yaitu dengan melakukan runway foaming.Posisi pesawat setelah mendarat darurat tetap di runway sekitar 50 meter dari threshold 27 sehingga mengakibatkan block runway. Diketahui tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kejadian itu merupakan skenario dalam latihan salvage cluster Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Rabu (10/5) pukul 13.00 Wita yang rutin dilakukan setiap tahun.

Demi memastikan kesiapan personil, fasilitas dan prosedur pemindahan pesawat udara yang rusak di bandar udara, tim salvage cluster Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai melakukan latihan gabungan bersama tim salvage Bandara El Tari Kupang dan Bandara Internasional Lombok Praya dengan jumlah total 16 orang personil.

General Manager Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Yanus Suprayogi mengatakan “Peristiwa hydraulic trouble dan tergelincirnya pesawat merupakan hal yang sering terjadi dalam dunia penerbangan kejadian seperti ini menuntut kesiapan dan kesigapan dari tim salvage personil ARFF.”

Latihan salvage ini mengundang stakeholder airlines dan ground handling dengan tujuan mensosialisasikan bagaimana proses salvage dilakukan dalamupaya pemindahan pesawat udara yang rusakdi Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. Manjaemen Bandar Udara I Gusti Ngurah ingin memperlihatkan kepada para stakeholder bahwa unit ARFF memiliki alat salvage.

 “Sangat berguna sekali acara ini bila suatu saat terjadi kejadian seperti ini di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai telah memiliki fasilitas pemindahan pesawat udara yang rusak “ ujar Kadek Surya Engineering Indonesia Air Asia.

Dari latihan salvage ini Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai dapat mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan airbag dengan tinggi 2 meter adalah 12 menit. “Ini merupakan hasil yang memuaskan, dan kami berharap kedepannya personil ARFF tetap sigap dalam menghadapi situasi seperti ini,” tutup Yanus.