Di Jembrana 51,2 Persen Nakes Sudah Tervaksin, Vaksinasi Tahap I Ditarget Tuntas Kamis Besok | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 19 Oktober 2021
Diposting : 3 February 2021 06:52
Putu Agus Mahendra - Bali Tribune
Bali Tribune/TAHAP I - Vaksinasi Covid-19 tahap pertama bagi para tenaga kesehatan di Jembrana yang dimulai Jumat (29/1) lalu kini ditargetkan bisa tuntas, Kamis (4/2/2021) besok.
balitribune.co.id | Negara - Setelah pelaksanaannya sempat tertunda dan akhirnya dipercepat, vaksinasi Covid-19 tahap pertama bagi para tenaga kesehatan di Jembrana kini ditargetkan bisa tuntas Kamis (4/2/2021) besok. Sehingga segera bisa dilanjutkan vaksinasi tahap kedua nanti yang menyasar masyarakat serta ASN dan TNI-Polri.
 
Sebelumnya vaksinasi tahap pertama bagi para tenaga kesehatan di Jembrana yang direncanakan pertengahan Januari lalu sempat tertunda. Setelah vaksin untuk Kabupaten Jembrana akhirnya tiba di Jembrana Selasa (26/1) sore sekitar pukul 14.35 Wita tiba di Jembrana, pelaksanaan vaksinasi pun dipercepat. Dari rencana awal Februari akhirnya dilaksanakan lebih awal mulai Jumat (29/1) lalu. Kini  Bupati Jembrana, I Putu Artha menargetkan vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Jembrana bisa tuntas Kamis besok.
 
Saat memantau vaksinasi Covid-19 bagi tenaga medis di Puskesmas I Jembrana, Selasa (2/2), Bupati Artha mengatakan, vaksinasi tahap pertama ini diharapkan tuntas bertepatan dengan Gebyar Vaksinasi Nasional. 
 
“Kita targetkan seluruh tenaga medis bisa tuntas diberikan vaksin Kamis 4 Februari ini. Karena itu saya pantau pelaksanaannya di puskesmas sekaligus mengetahui sejauh mana hambatan di lapangan. Ini berlaku bagi semua SDM yang bekerja di fasilitas medis bisa divaksin.
 
Terkecuali mereka yang tidak lolos screening Kesehatan,” ujarnya. 
 
Dari pantauan pihaknya di Puskesmas I Jembrana, Ia melihat proses screening memakan waktu paling lama. Setiap nakes yang diakan divaksin diwajibkan memenuhi 16 syarat administrasi. Sebelumnya diawali dengan tes kesehatan seperti pengukuran tensi dan suhu tubuh. Dari 240 orang target penerima vaksin di Puskesmas I Jembrana sendiri, hingga hari ketiga pelaksanaan vaksin sudah tercapai 125 nakes. 
 
“Kita lihat di masing-masing puskesmas rata-rata dalam sehari mereka mampu layani vaksin 50 orang,” ungkapnya.
 
“Pada hari kedua saja sudah tercapai sejumlah 51,2 persen. Untuk sisanya akan kita tuntaskan,” imbuhnya. 
 
Dari jumlah tenaga medis yang terdata sebanyak 1.765 orang, ia mengaku optimis target itu bisa tercapai. Setelah selesai tenaga medis, pihaknya langsung membidik kelompok  masyarakat lainnya agar divaksin mulai Sabtu (13/2) mendatang. 
 
“Pantauan saya tahap awal pelaksaan vaksinasi berjalan lancar. Tidak ada penolakan, hanya ada yang tidak lolos screening. Pelayanan juga bagus bahkan sampai melebihi jam kerja pelayanan,” jelasnya.
 
Di sisi lain, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana, dr I Gusti Bagus Ketut Oka Parwatha mengatakan vaksinasi di Jembrana sudah memasuki hari ketiga. Pelaksanaannya dipusatkan di 12 fasilitas pelayanan kesehatan, meliputi 10 puskesmas, RSU Negara dan Klinik Kesehatan Polres Jembrana.  
 
“Hari ketiga ini kita berharap sudah tuntas 75 persen . Sesuai target Pak Bupati seluruh nakes tuntas Kamis 4 Februari. Sedangkan pada tahap kedua bisa 14 Februari nanti, dari yang ditargetkan Provinsi Bali pada 21 Februari” ujarnya.
 
Ia pun mengakui dari pelaksanaan vaksinasi covid-19 tahap pertama,  ada sejumlah nakes yang terdaftar namun tidak lolos screening Kesehatan. 
 
“Kemarin di RSU ada tiga yang tidak lolos. Sementara di Puskesmas I Jembrana hari ini ada enam orang yang tidak lolos. Kita berharap mereka bisa disertakan dalam vaksinasi susulan nanti. Jadi kita tunda dulu bagi yang tidak lolos,” ujarnya. 
 
Ia juga menyebut dari data hari kedua kemarin, sudah tervaksin sejumlah 912 orang tenaga medis atau persentasenya mencapai 51,2 persen.