Mempromosikan Pariwisata Dua Arah Antara India dan Bali Melalui Yoga | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 22 Juli 2024
Diposting : 23 June 2024 18:46
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / YOGA - Kegiatan yoga di Pulau Nusa Dharma Kawasan Nusa Dua Kabupaten Badung

balitribune.co.id | Denpasar - Pengelola kawasan pariwisata di Bali menyediakan fasilitas untuk mendukung kegiatan yoga yang saat ini menjadi daya tarik bagi wisatawan berlibur di pulau ini. Pasalnya, selera wisatawan kini perlahan mulai bergeser ke arah wisata minat khusus yoga. Sehingga wisata yoga kian dikembangkan dalam menarik wisatawan mancanegara ke Bali yang menginginkan wisata minat khusus. 

Yoga adalah tradisi berusia lima ribu tahun dari India kuno yang menggabungkan upaya fisik, mental, dan spiritual untuk mencapai keselarasan tubuh dan pikiran. Di masa penuh tantangan saat ini, yoga merupakan solusi yang dapat menciptakan keharmonisan global melalui transformasi individu. Yoga adalah sarana ampuh yang dapat membantu mengatasi keterbatasan dalam diri dan mengarahkan pada jalur menjadi individu yang lebih gembira, bersemangat, sadar, dan produktif.

Direktur Pengembangan Bisnis (Pengelola Kawasan Pariwisata Nusa Dua), Ema Widiastuti mendukung kegiatan yoga yang diminati sebagai salah satu gaya hidup wisatawan, serta sebagai daya tarik untuk wisatawan India yang masuk 10 besar pasar Nusa Dua Kabupaten Badung. Ia berharap melalui yoga yang bisa dilakukan di Pulau Nusa Dharma Kawasan Nusa Dua
dengan luas kurang lebih 3 hektare semakin dikenal sebagai pulau yoga dan meditasi dalam memajukan wisata kesehatan. 

"Kegiatan wellness (kebugaran) seperti yoga dan meditasi sejalan dengan pengembangan destinasi The Nusa Dua yang mengedepankan keberlanjutan dengan kegiatan pariwisata yang berkualitas dan bermanfaat. Selain itu, kegiatan yoga di alam terbuka dengan pemandangan dan suasana menyatu dengan alam, akan memberikan kesan mendalam serta suasana hati dan jiwa yang rileks bagi para pesertanya," jelasnya di Badung beberapa waktu lalu.

Yoga menjadi salah satu olahraga yang mulai banyak digemari masyarakat diseluruh dunia, karena dinilai memberikan manfaat bagi kesehatan. Aktivitas fisik yoga meliputi meditasi, pengaturan pernapasan, latihan fisik guna melatih kekuatan otot dan fleksibilitas tubuh ini kerap dilakukan wisatawan saat berlibur di Bali di sejumlah tempat seperti Sanur Kota Denpasar, Ubud Kabupaten Gianyar. 

Ia berharap, dengan adanya fasilitas yoga di Pulau Dewata semakin banyak wisatawan mancanegara yang ingin berlibur di Bali sembari melakukan yoga merasakan lingkungan berbeda dengan negaranya. Sementara itu, Konsulat Jenderal India untuk Bali, Shashank Vikram menyatakan, kegiatan yoga dapat mempromosikan pariwisata dua arah antara India dan Bali.