Meriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Polda Bali Gelar Kejuaraan Mekepung | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 20 Juli 2024
Diposting : 17 June 2024 08:24
Ray - Bali Tribune
Bali Tribune / MAKEPUNG - memeriahkan Hari Bhayangkara ke-78. Kali ini Polda Bali menggelar kejuaraan Mekepung bertajuk “Kapolda Cup 2024” di Sirkuit All in one, Desa Pengambengan, Jembrana, Minggu (16/6).

balitribune.co.id | Negara - Berbagai kegiatan digelar Polda Bali dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-78. Kali ini Polda Bali menggelar kejuaraan Mekepung bertajuk “Kapolda Cup 2024” di Sirkuit All in one, Desa Pengambengan, Jembrana, Minggu (16/6).

Perlu diketahui Tradisi Makepung adalah permainan balapan kerbau yang dilakukan masyarakat petani di Provinsi Bali, khususnya di Kabupaten Jembrana. Tradisi ini telah ada sejak jaman dahulu dan hingga kini masih terus dilestarikan, sehingga tradisi ini telah menyatu dengan kehidupan masyarakatnya.

Kejuaraan mekepung diikuti oleh 230 pasang kerbau, yaitu 120 pasang kerbau dari Blok Ijo Gading Barat dan 110 pasang kerbau dari Blok Ijo Gading Timur.

Kejuaraan mekepung ini dihadiri langsung oleh Kepala Kepolisian Daerah Bali, Irjen. Pol. Ida Bagus Kd Putra Narendra, S.I.K., M.Si., didampingi Pejabat Utama (PJU) Polda Bali, Bupati Jembrana dan Kapolres Jembrana.

Kapolda Bali pada kesempatannya mengatakan, dalam rangka peringatan hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 ini, Polda Bali dan jajaran kembali menyelenggarakan berbagai kegiatan, salah satunya adalah kejuaraan Mekepung bertajuk “Kapolda Cup 2024”. Tradisi mekepung atau lomba pacu kerbau khas Jembrana ini, merupakan tradisi turun temurun yang dilaksanakan oleh masyarakat Jembrana. 

“Apabila dulu mekepung hanya dilaksanakan sebagai hiburan di sela-sela kegiatan pertanian, kini mekepung sudah bertransformasi sebagai salah satu Sport Tourism atau daya tarik wisata yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat dan para wisatawan baik lokal maupun manca negara,” kata Kapolda Bali.

Irjen. Pol. Ida Bagus Kd Putra Narendra, S.I.K., M.Si., juga meminta agar kegiatan ini dijadikan sebagai ajang untuk mempererat tali persaudaraan dan persatuan sesuai dengan filosofi tradisi mekepung. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengqn harapan.

“Menjelang peringatan hari Bhayangkara tanggal 1 Juli, keluarga besar Polda Bali memohon doa restu dan dukungan dari bapak ibu sekalian, sehingga seluruh personel Polda bali dan jajaran dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan semakin dicintai oleh masyarakat,” tutup Kapolda Bali.

Berdasarkan hasil lomba, panitia menetapkan, juara umum 1 diraih oleh Blok Ijo Gading Barat, sehingga berhak mendapat piala bergilir Kapolda Bali.