Momen Umanis Galungan, Ribuan Umat Hindu Medek Tangkil Puncak Karya Puja Wali di Pura Lempuyang | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 15 April 2024
Diposting : 1 March 2024 14:15
AGS - Bali Tribune
Bali Tribune/ ANTRE - Ribuan pemedek antre untuk melakukan persembahyangan di Penataran Agung, Pura Lempuyang Karangasem pada Umanis Galungan.

Balitribune.co.id | Amlapura - Pada momen Umanis Galungan, ribuan umat Hindu dari berbagai daerah di Bali melaksanakan persembahyangan pada puncak karya Pujawali di Pura Sad Khayangan Lempuyang, Karangasem. Untuk pengamanan dan kelancaran arus pemedek, Polsek Abang mengerahkan puluhan personelnya.

Dari pantauan Bali Tribune, Kamis (29/2/2024), sejak pagi warga dari berbagai daerah di Bali silih berganti datang untuk melakukan persembahyangan di Penataran Agung maupun di Pura Luhur yang beada di puncak Gunung Lempuyang. Rangkaian Pujawali di pura Sad Khayangan ini sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu, dimana puncak karyanya berlangsung pada Wraspati Umanis Wuku Dungulan atau pada saat Umanis Galungan.

Namun demikian untuk persembahyangan bersama sendiri dipusatkan di Penataran Agung Pura Lempuyang yang berada diketinggian 2.100 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL). Ini terlihat dari padatnya pemedek yang datang untuk bersembahyang. Bahkan ribuan pemedek yang akan naik ke tangga patung naga menuju Penataran Agung harus antre bergiliran, karena Pecalang yang dikerahkan oleh Desa Adat Purwayu baru akan membuka pintu masuk Penataran setelah pemedek di penataran sudah keluar semuanya usai melaksanakan persembahyangan yang dipimpin oleh pemangku pura setempat.

Persembahyangan secara bergiliran ini dilakukan karena daya tampung pemedek di Penataran sangat terbatas. Sementara itu untuk pengamanan dan membantu kelancaran arus pemedek, Polsek Abang mengerahkan puluhan personilnya dan bergabung bersama anggota TNI, Dishub Karangasem serta Pecalang desa adat setempat. “Untuk pengamanan dan membantu kelancaran arus pemedek yang medek tangkil dalam karya Puja Wali di Pura Lempuyang, dari Kepolisian menerjunkan sebanyak 30 orang personil yang bergabung dengan anggota dari TNI, Dishub Karangasem, Sat Pol PP dan Pecalang. Anggota kami sebar di enam pos,” tegas Kapolsek Abang AKP. I Ketut Anyar Wijana kepada Bali Tribune, di pelataran Terminal Parkir Pura Lempuyang.

Pura Lempuyang merupakan pura yang menjadi stananya Ida Betara Hyang Geni dan pada Pujawali yang jatuh pada setiap enam bulan sekali ini, Ida Betara Tedun untuk memberikan kesejahteraan dan kerahayuan bagi Jagat Bali.