Lima Hari Pameran UMKM 2024, Bukukan Omzet Hingga Rp 371 Juta | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 20 September 2024
Diposting : 16 September 2024 20:43
PAM - Bali Tribune
Bali Tribune / Hingga malam penutupan, masyarakat sangat antusias untuk berkunjung ke Pameran UMKM Jembrana 2024. Selama  pameran ribuan masyarakat memadati Areal PUN setiap malamnya. 

balitribune.co.id | Negara - Pameran UMKM yang berlangsung selama lima hari, dari Selasa (10/9) hingga Sabtu (14/9) berhasil menyedot animo masyarakat dari seluruh penjuru Jembrana. Sejak hari pertama dilaunching, ribuan masyarakat Jembrana tumpah ruah memadati kawasan Pasar Umum Negara yang kini memiliki wajah baru.

Hingga penutupan, Sabtu (14/9) malam animo masyarakat tidak berkurang dan justru sebaliknya sangat antusias. Selain pengunjung yang memadati stand-stand pameran UMKM, pengungjung juga memadati panggung hiburan. Kegiatan pameran yang digelar pertamakalinya di Pasar Umum Negara itu dinilai sukses. Tidak hanya karena kunjungan dan animo masyarakat, tapi juga selama lima hari pelaksanaan sukses membukukan transaksi ratusan juta. Selain setiap malam tampil penyanyi dan band lokal Jembrana, hiburan juga dimeriahkan oleh band kenamaan Bali seperti KIS Band.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah, Dan Perdagangan (Diskopdag) Kabupaten Jembrana, I Komang Agus Adinata mengatakan pameran yang dipusatkan di Pasar Umum Negara (PUN)  tersebut diikuti oleh 106 peserta diantaranya 28 peserta kerajinan, 44 peserta kuliner, 13 peserta dari instansi, 13 peserta dari perusahaan dan 8 peserta dari organisasi. Ia menyebut selama pelaksanaan berhasil meraih total transaksi sebesar Rp. 371 Juta. "Adapun transaksi terbesar selama pameran UMKM Jembrana tahun 2024 ini, yakni pada stand kuliner," tandasnya.

Sementara Bupati Jembrana, I Nengah Tamba mengatakan masyarakat sangat antusias terhadap pelaksanaan Pameran UMKM Jembrana Tahun 2024 yang menjadi rangkaian HUT ke-129 Kota Negara. Pihaknya mengapresiasi  animo masyarakat yang konsisten sejak awal dibukanya pameran sampai akhir penutupan pameran. Bahkan ia mengaku mendapat banyak masukan baik dari para pelaku UMKM maupun masyarakat Jembrana agar pameran ini dilanjutkan. Pihaknya menyatakan pameran ini sekaligus memperkenalkan PUN yang baru selesai direvitalisasi.

"Sesuai tujuan diawal terlaksana Pameran UMKM Jembrana ini untuk mengenalkan wajah baru Pasar Umum Negara (PUN). Pasar kebanggaan  masyarakat Jembrana, Pusat niaga terbesar di Jembrana," ungkapnya. Pihaknya mengapresiasi panitia dan masyarakat Jembrana yang telah bekerja keras bersama-sama menjadikan pameran ini berjalan sukses dan tertib. Pihaknya memohon maaf kepada jika selama pelaksanaan pameran ini masih ada hal-hal yang belum sempurna. "Astungkara, sudah berjalan sukses dan sangat berkesan. Sampai ketemu pada event selanjutnya, diakhir tahun," tandasnya.