2017 Okupansi ITDC Meningkat | Bali Tribune
Diposting : 3 June 2017 13:24
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
ITDC
Kawasan ITDC Nusa Dua, Bali

BALI TRIBUNE - Tahun 2017 ini tingkat hunian kamar hotel (okupansi) di kawasan pariwisata internasional, Indonesia Tourism Development Center (ITDC) Nusa Dua, Badung nampaknya lebih baik dari periode yang sama 2016 lalu. Managing Director ITDC Nusa Dua, Wayan Karioka mengatakan rata-rata okupansi di kawasan ITDC sekarang ini mencapai 80 persen.

Sedangkan okupansi pada periode yang sama tahun 2016 lalu hanya 65 persen hingga 70 persen. Meningkatnya okupansi tahun ini di kawasan ITDC seiring terjadinya peningkatan kunjungan wisman ke Bali. "Kami juga melakukan promosi-promosi pariwisata di seluruh belahan dunia," ujarnya usai Sosialisasi Pekan Pancasila, Saya Indonesia Saya Pancasila di kantor ITDC, Nusa Dua, Badung, Jumat (2/6).

Menurut Karioka, hunian kamar hotel di kawasan itu didominasi oleh wisatawan mancanegara (wisman). Bahkan akhir-akhir ini wisman asal Tiongkok kata dia yang menyumbang peningkatan okupansi di kawasan ITDC Nusa Dua. "Okupansi tahun 2017 sekarang bagus, rata-rata 80 persen dan didominasi wisatawan mancanegara. Ada peningkatan sekarang dari wisatawan China (Tiongkok)," sebut Karioka.

Dikatakannya, selain terpantau adanya kenaikan kunjungan wisman Tiongkok, hal serupa juga terjadi pada wisman Arab setelah lawatan Raja Arab Saudi ke Indonesia beberapa waktu lalu. "Setelah kunjungan Raja Arab, kedatangan turis Arab di ITDC juga meningkat," ucap Karioka.

Dia menyebutkan, saat ini lama tinggal wisatawan di kawasan ITDC berkisar 3,5 hari hingga 3,6 hari. Sementara itu dia menambahkan, terkait keamanan pasca bom di Kampung Melayu, Jakarta beberapa hari lalu, di ITDC kata Karioka secara rutin melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak keamanan.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Daerah Bali, kedatangan wisman Arab ke Pulau Dewata periode Januari-Maret 2017 sebanyak 3.509 orang sedangkan periode yang sama tahun 2016 lalu 2.888 kunjungan.