Diposting : 15 January 2019 22:28
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
BERMAIN - Sejumlah anak-anak tampak antusias bermain air di Goa Giri Campuhan Bangli
 
BALI TRIBUNE - Kabupaten Bangli semakin memantapkan fasilitas pariwisata di daerah yang beriklim sejuk itu. Walaupun telah memiliki sejumlah objek wisata alam yang mampu menarik kunjungan wisatawan baik dari mancanegara dan domestik, pelaku pariwisata di Bangli tampaknya tetap menata industri pariwisatanya. Bahkan awal Januari 2019 ini, objek wisata di kabupaten itu pun bertambah. 
 
Sekretaris objek Air Terjun Goa Giri Campuhan, Dewa Ketut Alit Mahardika kepada BALI TRIBUNE - , Senin (14/1) mengungkapkan bahwa tepatnya di Tembuku, Bangli telah ada destinasi wisata baru yang bernama Goa Giri Campuhan. "Soft launchingnya Goa Giri Campuhan menjadi objek wisata pada Manis Kuningan awal Januari ini," terangnya. 
 
Menurut dia, Goa Giri Campuhan Waterfall adalah destinasi wisata baru di Tembuku yang mempunyai berbagai keunikan. Mahardika menyebutkan, keunikan pertama objek wisata tersebut adalah pada air terjunnya. Pasalnya untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melewati sebuah goa. "Keunikan pertama yakni cara menjangkau air terjun ini lewat goa," sebut Mahardika.
 
Kemudian kata dia keunikan lainnya adalah mempunyai 3 air terjun yang indah. Selain air terjun, di tempat ini pun terdapat Campuhan yakni pertemuan dua sungai yang dipercaya sebagai salah satu tempat melukat/membersihkan diri yang berkhasiat. Di atas Campuhan ada lima buah pancoran yang dinamai Pancaka Tirta.
 
"Pancoran ini yang dialirkan dari mata air Penestin, mata air yang dulu digunakan sebagai pelebur segala hal-hal buruk (mala, desti) dan aura negatif lainnya. Di dekat lokasi ini ada juga natural swimming pool dengan airnya yang bersih dan jernih," tambahnya. 
 
Sebelum memasuki kawasan Air Terjun Goa Giri Campuhan, pengunjung disuguhi pemandangan sawah yang indah dengan latarbelakang puncak Gunung Agung yang mempesona. Bagi para pecinta alam dan sekadar untuk mendapatkan ketenangan bisa mencoba destinasi alam ini.