Bali Tribune, Sabtu 21 Juli 2018
Diposting : 6 October 2016 10:51
ayu eka - Bali Tribune
Endang Caturwati
Keterangan Gambar: 
Endang Caturwati

Denpasar, Bali Tribune
Event International Folk Dance Festival (IFDF) 2016 yang berlangsung di Bali pada 4-18 Oktober 2016 diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan khususnya dari mancanegara ke Pulau Dewata.

Direktur Kesenian Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Endang Caturwati mengatakan bahwa event tersebut merupakan bagian dari World Culture Forum 2016 yang akan berlangsung di Nusa Dua, Badung pada 11-13 Oktober 2016 mendatang.

Dia menyatakan ajang yang menampilkan tarian rakyat dari 13 negara ini juga menyuguhkan berbagai pertunjukkan dan event-event guna menarik wisatawan untuk ikut serta ambil bagian. "Akan ada serangkaian festival seni seperti pertunjukkan maupun event-event seperti pameran, pemutaran film, dan lain sebagainya dalam kegiatan tersebut," ucapnya usai konferensi pers IFDF 2016 di Sanur, Denpasar.
Endang menuturkan kali ini, Indonesia sebagai tuan rumah akan menampilkan beberapa tarian Nusantara baik yang sudah dipilih dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang merupakan identitas masing-masing budaya di Tanah Air.
Melalui kegiatan tersebut pihaknya mengaku akan memperlihatkan kepada dunia bahwa kekayaan kebudayaan Indonesia sangat luar biasa. “Gol dari kegiatan ini adalah kami ingin mengangkat pada dunia bahwa kebudayaan di Indonesia sangat beragam. Masing-masing mempunyai nilai dan ada hal-hal yang sangat spesifik dari nilai tersebut yang merupakan salah satu keunikan Indonesia. Sehingga kebudayaan Indonesia ini semakin dikenal di mancanegara,” tegas Endang.
Lebih lanjut dia menyampaikan, keberagaman seni dan kebudayaan Indonesia sangat luar biasa dibandingkan dengan negara-negara lain yang hanya mempunyai beberapa seni saja.
“Di Indonesia ini banyak mempunyai genre, seperti seni tari di setiap suku Indonesia atau daerah mempunyai tari hiburan, tari upacara, tari pergaulan sedangkan tari rakyat dari beberapa negara lain kebanyakan berupa tari pergaulan. Beberapa negara yang ikut serta dalam ajang ini sangat tertarik sekali karena menurut mereka Indonesia mempunyai tari-tarian yang tidak dipunyai oleh negara lain,” katanya.