Diposting : 19 September 2019 08:14
Hussein Hardiansyah - Bali Tribune
Bali Tribune/ags. Anggota TNI Kodim 1623 Karangasem menjalani tes urine oleh BNNK Karangasem.

Balitribune.co.id | AMLAPURA - Sebanyak 159 anggota TNI yag bertugas di Kodim 1623/Karangasem mengikuti tes urine, Rabu (18/09/2019). Tes dilakukan untuk memastikan anggota militer itu bersih dan tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Anggota Kodim dari seluruh Koramil di Karangasem hanya diminta hadir di Makodim Karangasem di pada pagi hari itu.

Setelah dikumpulkan dalam satu ruangan, anggota TNI ini diberikan pengarahan hingga akhirnya petugas dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karangasem tiba di Makodim. Kedatangan petugas BNNK Karangasem mengejutkan anggota di ruangan itu karena mereka sama sekali tidak mendapat informasi soal akan diadakannya pemeriksaan urine.

Usai pengarahan yang diberikan oleh Kasdim 1623/Karangasem, Mayor Czi Shobirin Setio Utomo, anggota berbaris antre untuk mengisi data dan menerima tabung kaca untuk menampung urine. Dengan mennggunakan metode rapid test, petugas BNNK kemudian memeriksa setiap urine di dalam tabung kaca yang telah diserahkan ke masing-masing anggota.

“Kami bekerja sama dengan BNNK Karangasem. Ini bukti keseriusan Kodim 1623 dalam pemberantasan peredaran gelap narkoba,” tegas Mayor Czi Shobirin Setio Utomo. Pemeriksaan urine ini dilakukan terhadap semua anggota TNI, PNS di lingkungan Kodim 1623 Karangasem. “Ada 159 anggota yang menjalani tes urine. Ada beberapa yang harus jaga di Koramil.

Anggota yang tidak bisa menjalani tes urine kali ini nantinya akan menjalani test urine lanjutan. Tes urine ini merupakan perintah dari pimpinan dan rencananya akan dilaksanakan secara rutin setiap tiga bulan sekali. Untuk hasilnya sendiri, seluruh anggota yang menjalani tes urine, seluruhnya dinyatakan negatif menggunakan narkoba oleh BNNK Karangasem. (*)