Diposting : 13 August 2019 21:10
Redaksi - Bali Tribune
Bali Tribune/ I Nyoman Susrama (tengah) perwakilan deliveryman dari Dealer 63 Sejahtera Singaraja meraih juara 3 kateri Deliveryman Wing Dealer tingkat Nasional.
balitribune.co.id | Jakarta – Perwakilan Astra Motor Bali kembali berhasil membawa piala dalam ajang bergengsi Kontes Layanan Honda Nasional (KLHN) 2019 yang resmi digelar PT Astra Honda Motor (AHM) pada 1-6 Agustus 2019 di Jakarta. Kesuksesan yang diraih setelah diumumkannya I Nyoman Susrama perwakilan deliveryman dari Dealer 63 Sejahtera Singaraja yang sekaligus mewakili Main Dealer Astra Motor Bali meraih juara 3 kateri Deliveryman Wing Dealer tingkat Nasional.
Susrama yang sudah mengabdikan dirinya selama kurang lebih 17 tahun berhasil mengalahkan ribuan deliveryman dealer Honda yang tersebar di Indonesia. Perjuangan sampai ketingkat Nasional membutuhkan perjalanan yang panjang, dimulai dari tahun 2013 dan 2014 mengikuti Kontes Layanan Honda tingkat Regional hanya berhasil menjadi juara dua (2), Tahun 2016 kembali mencoba mengasah kemampuan dan berhasil menjadi juara satu (1) yang sekaligus mengantarkan untuk mengikuti kontes di tingkat Nasional, namun predikat juara belum berhasil diraih. Tidak sampai disitu saja, kembali dengan semangat yang tinggi di 2019 berkesempatan mengikuti Kontes Layanan Honda tingkat Regional dan berhasil membawa golden tiket menuju KLHN 2019 di Jakarta dan yang akhirnya menghantarkannya menjadi juara 3 tingkat Nasional yang sekaligus kembali membawa harum nama Main Dealer Astra Motor Bali yang selalu langganan Juara.
“Keberhasilan yang saya raih ini berkat usaha dari hati dan kepercayaan pelanggan terhadap layanan yang diberikan dealer 63 Sejahtera Singaraja selama ini,” ungkap pria yang akrab dipanggil Susrama.
Sebelum final di Jakarta, sebelumnya tahap penilaian telah dilakukan di daerah masing-masing peserta. Kontes Layanan Honda Nasional (KLHN) 2019 mengadakan kontes untuk empat kategori peserta yaitu Pimpinan Jaringan Konsumen, Frontline People, Deliveryman, dan  Customer Retention Officer. Setiap kategori penilaian dibagi menjadi dua kelompok yaitu Reguler Dealer dan Wing / Big Wing Dealer.
Untuk kategori Frontline People, tahapan penilaian antara lain meliputi Mystery Shopping, Mystery Calling, Role Play, Customer Survey dan juga interview terkait bagaimana memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen. 
 
Sedangkan kategori Deliveryman, pengujian yang dilakukan berupa Mystery Calling, Customer Survey, serta penilaian proses pengantaran sepeda motor Honda hingga sampai di tangan konsumen. Sementara itu, pada kategori Pimpinan Jaringan dilakukan penilaian berupa Mystery Calling, Customer Survey, dealer audit serta project presentation yang harus mereka persiapkan terlebih dahulu untuk dipresentasikan kepada juri. Penilaian berbeda dilakukan untuk kategori Customer Retention Officer, diantaranya penilaian performa pencapaian target aktivitas yang ditetapkan.
Memasuki tahap penjurian nasional, para peserta juga mendapatkan pembekalan lebih lanjut sebelum masuk ke tahap grand final. Para peserta diuji dengan beberapa rangkaian penilaian seperti tes tertulis, studi kasus, role play, presentasi dan wawancara.
Manager Honda Customer Care Center (HC3) Astra Motor Bali Gede Partayasa mengatakan, prestasi yang telah diraih merupakan tantangan ke depan bagi seluruh bagian dalam bisnis sepeda motor Honda untuk meningkatkan kualitas pelayanan di jaringan penjualan maupun purna jual Honda khususnya wilayah Bali.
“Karena itu, Astra Motor terus berupaya mengasah keterampilan garda terdepan pelayanan konsumennya sesuai tren dan ekspektasi konsumen saat ini. Sebab, kepuasan konsumen menjadi tujuan utama kami,” jelas Gede Partayasa.