Diposting : 15 May 2018 22:48
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
bandara
Keterangan Gambar: 
CHECK- Cipta kondisi dengan random check kendaraan yang masuk ke area Bandara I Gusti Ngurah Rai.
BALI TRIBUNE - Sejumlah tempat wisata dan hotel-hotel di Bali serta Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai melakukan peningkatan pengamanan pasca terjadinya teror bom berturut-turut di Surabaya pada Minggu (13/5) dan Senin pagi (14/5). Kepala Humas Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim menyatakan bahwa  untuk pengamanan di bandara setempat sudah ditingkatkan.
 
Di bandara yang menjadi pintu masuk utama wisatawan di Bali ini memberlakukan penanganan reaksi cepat dengan TNI AU, Polri (KP3) Ngurah Rai dan intelejen berjumlah 100 orang untuk di Ring 1 area bandara. Sementara, penanganan bersama dengan Polda dan Jihandak sedang di koordinasikan.
 
"Juga memastikan kembali CCTV berjalan dengan maksimal serta mengupayakan profiling kepada pengunjung dan calon penumpang," paparnya saat dikonfirmasi, Senin (14/5).
 
Disamping itu, manajemen bandara juga melakukan kegiatan cipta kondisi dengan random check ke semua kendaraan yang masuk ke area Bandara I Gusti Ngurah Rai. "Peningkatan pengamanan area landside dengan patroli bersama di area luar parimeter dan perbatasan parimeter antara publik area dan daerah keamanan terbatas," beber Arie.
 
Ditambahkan Arie, penanganan di Screening Check Point (SPC) 1 dan 2 sudah sangat ketat. Namun diinstruksikan kembali agar selama pemeriksaan untuk memastikan sesuai SOP dan ketelitian yang luar biasa. Disamping itu peningkatan pengamanan di area terminal kargo dan Pos juga dilakukan untuk memastikan tidak adanya barang berbahaya yang memasuki bandara.
 
"Peningkatan keamanan akan kami teruskan hingga kondisi stabil tapi stabil atau tidak keamanan penerbangan tidak bisa diganggu gugat. Kita terus di track itu," imbuh Arie.
 
Peningkatan pengamanan juga dilakukan di kawasan perbelanjaan Bali Collection Nusa Dua yang biasanya dipenuhi wisatawan baik asing dan domestik. Senior Manager Marketing & Leasing Bali Collection, Gita Sunarwulan menegaskan tetap memastikan peningkatan pengamanan di kawasan belanja ini. "Kami pasti meningkatkan pengamanan. Terutama karena lokasi kami di ITDC dan akan menjadi venue IMF," terangnya.