Diposting : 13 September 2017 18:36
Arief Wibisono - Bali Tribune
PUPR
Keterangan Gambar: 
Izzat Husein bersama IGN Agustana D Mandala

BALI TRIBUNE - Salah satu bentuk komitmen Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali dalam merealisasikan pengadaan rumah murah bagi masyarakat kecil terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) telah digelontorkan di Lombok melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Hal itu diungkapkan Direktur Utama Lombok Royal Property, Izzat Husein, di lokasi proyek perumahannya, Senin (11/9).

“Perumahan ini diperuntukkan bagi masyarakat yang berpenghasilan Rp4 juta ke bawah. Yang punya proyek BPD Bali, mudah mudahan akhir September sudah bisa serah kunci kepada masing masing pemilik,” jelas Husein. Ada seribu unit rumah yang dikembangkan dengan pola kerjasama pembiayaan dari BPD dari pembiayaan konstruksi, manajemen, serta pendampingan.

Ia juga ungkapkan kenapa mau digandeng BPD Bali dalam pembiayaan proyek FLPP, pasalnya kondisi BPD Bali jauh berada diatas rata rata bank yang ada di Lombok. “Semua proyek rumah tahap awal yang jumlahnya seribu unit telah habis terjual, sedangkan proyek kedua dengan jumlah yang sama pun sudah habis terjual, bahkan sekarang sudah masuk daftar tunggu bagi yang berminat,” paparnya.

Direktur Operasional BPD Bali, IGN Agustana D Mandala atau yang kerap disapa Gus Tony menambahkan, proyek ini bentuknya bantuan kredit yang diberikan pada pengembang Lombok Royal Property yang merupakan nasabah BPD sejak tahun 2015. “Awal bantuan lewat pembangunan Royal Mataram, setelah proyek itu selesai ada keinginan dari pengembang untuk melanjutkan membangun rumah murah melalui program FLPP,” ungkapnya.

Melalui kredit modal kerja konstruksi, BPD mendorong agar proyek ini terealisasi. KPR Sejahtera FLPP adalah kredit pemilikan rumah program kerjasama dengan Kementerian Perumahan Rakyat dengan suku bunga rendah dan cicilan ringan dan tetap sepanjang jangka waktu kredit tertentu. Keunggulan, Suku bunga fixed sepanjang jangka waktu kredit, proses cepat dan mudah, uang muka dan biaya proses sangat ringan, cicilan sangat ringan, jangka waktu sangat flexible.