Bali Tribune, Jumat 19 Januari 2018
Diposting : 26 September 2017 19:37
Agung Samudra - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
BANTUAN - Bupati Bangli IMade Gianyar serahkan bantuan Gerbangdesigot, Senin (25/9).

BALI TRIBUNE - Pelaksanaan Gerakan Membangun Desa Dengan Sistem Gotong Royong (Gerbangdessigot) tahun 2017 di Kecamatan Kintamani dilaksanakan di Desa Manikliyu, Senin (25/9). Acara dihadiri oleh Bupati Bangli I Made Gianyar yang sekaligus menyerahkan bantuan Gerbangdesigot sebesar Rp 1 M. Juga hadir Kadis PMD Kab. Bangli I Dw Agung Riana Putra, anggota DPRD Kab. Bangli I Nengah Sugiman, Camat Kintamani I Wayan Dirgayusa. Serta tokoh dan masyarakat desa Manikliyu.

Pada kesempatan itu Bupati Made Gianyar juga meletakkan batu pertama pembangunan Bali Desa Manikliyu, mengunjungi Bumdes pasar desa dan bedah rumah.  Ia mengatakan segala pembangunan di desa sudah banyak di anggarkan memelalui dana desa, BKK Provinsi maupun dana dari Pusat. Untuk di Kabupaten Bangli Dana Desa yang disalurkan sudah semakin meningkat dari tahun ke tahun, tahun 2017 dana yang disalurkan sebesar Rp 75 M, berikutnya di tahun 2018 ditingkatkan menjadi 100 M. Dengan bantuan yang sudah besar tersebut agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat, sehingga masyarakat hanya fokus untuk berkompotisi memenuhi kebutuhan keluarga masing-masing. Dengan adanya dana ke Desa Kemiskinan di desa manikliyu sudah semakin menurun.

Ditambahkannya, di tahun 2018 nanti akan dianggarkan juga reward bagi desa-desa yang bisa menurunkan angka kemiskinan di daerahnya. Dijelaskanya juga di tahun 2017 desa yang mendapatkan bantuan gerbangdessigot sebanyak 6 desa yang tersebar di 4 kecamatan yakni Kecamatan Kintamani adalah Desa Belantih, Desa Kedisan, Desa Manikliyu. Kecamatan Susut adalah Desa Penglumaran, Kecamatan Bangli adalah desa Bunutun dan Kecamatan Tembuku adalah Desa Tembuk.

Perbekel Desa Manikliyu I Ketut Garis  menyampaikan bantuan Gerbangdessigot yang diperoleh desanya di tahun 2017 sebesar Rp. 1M yang akan digunkan untuk pembangunan balai masyarakat sebesar Rp. 500 Jt, membangun Bumdes yang diintegrasikan dengan pengelolaan pasar Desa sebesar Rp. 400 Jt dan Rp 100 jt diarahkan untuk kegiatan sosial  yakni program bedaah rumah sebanyak 2 unit masing masing sebesar Rp. 25 jt.  Dan Rp. 50 jt  di gunakan untuk pelatihan wirausaha yang di laksanakan oleh TP PKK serta digunakan untuk membantu masyarakat kurang mampu dan masyarakat penyandang disabilitas.

Anggota DPRD Kab. Bangli I Nengah Sugiman menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi terhadap kepemimpinan I Made Gianyar dimana program-program yang sangat menyentuh masyarakat bisa berjalan dengan baik. Pihaknya mendukung secara penuh segala program-program yang perintah Kab. Bangli seperti Gerbangdessigot, Hotmix masuk desa, GGS. Pihaknya berharap segala bantuan yang di berikan agar dimanfaatkan sebaik-baiknya dan bisa dipertanggungjawabkan.