Diposting : 8 November 2018 12:30
Redaksi - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
PANTAU - Bupati Mas Sumatri memantau tes CPNS di Kodam IX Udayana.
BALI TRIBUNE - Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, didampingi Sekda Karangasem I Gede Adnya Mulyadi, memantau pelaksanaan penyelenggaraan seleksi CPNS, di Aula Udayana dan Barak Siaga Makodam IX Udayana, Rabu (7/11).
 
Ia mengatakan, Pemerintah Pusat telah mengeluarkan kebijakan untuk mencabut moratorium PNS dan meminta kepada Pemerintah Daerah untuk mengajukan usulan pengadaan CPNS sesuai kebutuhan riil di lapangan khususnya SDM Aparatur Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan dan Bidang Infratruktur ke PU-an. Pemerintah Kabupaten Karangasem responsif dan  mengajukan usulan perencanaan kebutuhan PNS tahun 2018 sejumlah 436 formasi.
 
Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyambut baik usulan daerah sehingga terbitlah keputusan Menpan-RB Nomor 517 Tahun 2018 tanggal 30 Agustus 2018 tentang penetapan formasi CPNS Daerah Kabupaten Karangasem Tahun 2018 sejumlah 202 formasi, dengan perincian tenaga guru 149 formasi, tenaga kesehatan 48 formasi dantenaga teknis ke PU-an 5 formasi formasi dari Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformas Birokrasi (Kemenpan-RB) ini  ditetapkan melalui keputusan Bupati Karangasem Nomor 594/HK/2018 tanggal 17 September 2018. 
 
Ujian/seleksi CPNS kali ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) hal ini berdasarkan keputusan MENPAN-RB Nomor 637 Tahun 2018 dengan tujuan untuk mendapatkan calon SDM Aparatur (PNS) yang berkualitas dan unggul di bidangnya serta berbasis kompetensi. Sehingga pelaksanaan seleksi secara kompetetif, obyektif, transpan, akuntabel dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Potensi terbaik dan berkualitas sudah tampak bila melihat jumlah pelamar dan jumlah formasi.