Diposting : 30 July 2018 21:00
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
SAMBANGI - Bupati Suwirta dan Wabup Made Kasta menyambangi ngaben massal di Banjar Pegatepan Gelgel.
BALI TRIBUNE - Persiapan pelaksanaan Upacara Pitra Yadnya/Ngaben masal dibeberapa tempat di Kecamatan Banjarangkan mendapat perhatian Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dan Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta, Sabtu (28/7). Kedua bersama-sama menghadiri dan mendoakan agar yadnya yang digelar masyarakat (Krama) dapat berjalan lancar sesuai harapan bersama.
 
Di hadapan krama Desa Pakraman Koripan Tengah, Desa/Kecamatan Banjarangkan, Bupati Suwirta menyampaikan apresiasi atas semangat warga yang dengan tulus dan penuh kebersamaan menggelar upacara pitra yadnya. Semangat gotong royong ini agar selalu dijaga dan ditanamkan kepada generasi muda sebagai penerus di banjar. “Semangat gotong royong dan kebersamaan ini harus tetap dijaga agar bisa dicontoh oleh generasi penerus,” ucap Bupati Suwirta.
 
Paparan senada disampaikan Bupati Suwirta hampir di setiap lokasi yadnya yang dikunjungi. Seperti di Banjar Tegal Besar Desa Negari, dan Banjar Gede Getakan Desa Getakan. Upacara Pitra Yadnya di dua desa ini akan dilaksanakan Kamis 2 Agustus dengan sawa yang diupacarai masing-masing sebanyak 48 sawa dan 18 sawa. Sementara pitra yadnya yang dilaksanakan Krama Pande Urip Wesi Desa Tihingan akan digelar Rabu 1 Agustus, mengupacarai 39 sawa. Masih di Kecamatan Banjarangkan, Bupati Suwirta bersama Wabup Kasta juga menghadiri persiapan pitra yadnya di Banjar Sengkiding Desa Aan. Upacara Pitra Yadnya disini akan dilaksanakan Selasa, 7 Agustus dengan jumlah sawa yang diupacarai sebanyak 50 sawa. Sedangkan di Banjar Pegatepan Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, pitra yadnya akan digelar Rabu, 1 Agustus yang mengupacarai 33 sawa.
 
Menurut salah seorang panitia pitra yadnya di Desa Pakraman Koripan Tengah, A.A Gede Anom Artha, upacara masal ini digelar untuk meringankan beban krama dalam melaksanakan yadnya. Selain untuk meringankan dalam hal biaya, upacara masal ini diharapkan dapat memupuk semangat gotong royong dan kebersamaan krama. “Salah satu tujuan masal adalah mengirit biaya yang dikeluarkan masing-masing pengarep,” ujarnya.
 
Pitra yadnya di Desa Pakraman Koripan Tengah akan digelar Senin, 30 Juli 2018 dengan jumlah sawa yang diupacarai sebanyak 32 sawa. “Pitra yadnya disini dilaksanakan setiap lima tahun sekali,” ucap Anom Artha.