Bali Tribune, Selasa 12 Desember 2017
Diposting : 6 December 2017 22:18
Ketut Sugiana - Bali Tribune
pemenang
Keterangan Gambar: 
Bupati Suwirta menutup kejuaraan gala desa dengan menyerahkan penghargaan kepada pemenang.

BALI TRIBUNE - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Bidang Pembinaan Olahraga Massal Kementerian Republik Indonesia I Nyoman Winata dan Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung I Nyoman Mudarta beserta undangan terkait lainnya menghadiri penutupan serta penyerahan hadiah juara Gala Desa 2017, di GOR Prajasanti Desa Tojan, Selasa (5/12).

Sebelumnya kegiatan Gala Desa 2017 sudah dibuka Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersamaan dengan dibukanya kegiatan Porcam Klungkung 2017, bertempat di GOR Swecapura Gelgel. Kegiatan Gala Desa 2017  merupakan program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk mendukung gerakan masyarakat sehat (GERMAS) melalui program ayo olahraga.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung I Nyoman Mudarta menyatakan adapun tujuan dari Gala Desa adalah untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran masyarakat, sekaligus memberikan kontribusi kepada masyarakat untuk dapat berpartisipasi di dalam meningkatkan kesehatan dan kebugaran dalam upaya meningkatkan ketahanan nasional, sehingga diharapkan bisa ikut berperan serta membangun daerahnya dalam upaya membangun pembangunan nasional. Dana yang digunakan dalam penyelenggaraan Gala Desa 2017 bersumber pada dana Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Kegiatan Gala Desa 2017 mempertandingkan 6 cabang olahraga yakni sepakbola dilaksanakan di lapangan umum Dawan, bola voli dilaksanakan di Lapangan Bola Voli Desa Dawan Klod, tenis meja dilaksanakan di Gedung PB Hikada Koripan Desa Banjarangkan, bulutangkis dilaksanakan di GOR Prajasanti Tojan, sepaktakraw dilaksanakan di Lapangan Puputan Klungkung, dan atletik di Lapangan Desa Paksebali. Pelaksanaan Kegiatan Gala Desa Berlangsung dari Tanggal 21 Oktober s/d 5 Desember 2017 dengan melibatkan sebanyak 15 desa/kelurahan.

Bupati I Nyoman Suwirta dalam sambutannya mengharapkan kepada KONI Klungkung dan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Klungkung supaya tidak sekedar melaksanakan event olahraga tetapi yang terpenting adalah kualitas yang didapatkan setelah terselenggaranya event tersebut.

Suwirta juga mengharapkan kepada KONI Klungkung dan pengurus cabang olahraga serta Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Klungkung agar dalam mengadakan event olahraga dapat dikelola dengan konsep event organizer.

Kualitas dari suatu event perlombaan tidak hanya dipandang dari outputnya saja, tetapi bisa dilihat dari antusias masyarakat yang menyaksikan bahkan mengajak anak-anaknya untuk nantinya menjadi pemain dalam salah satu event olahraga yang disaksikan pada saat event berlangsung.

Bupati Suwirta meminta kepada  KONI Kabupaten Klungkung dan pengurus Cabang Olahraga serta Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung untuk dalam mengadakan event agar jangan selalu mengandalkan Event Organizer tetapi bisa dilakukan dengan cara belajar memanage event dengan baik.

Seusai memberikan sambutan, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Bidang Pembinaan olahraga massal kementerian Republik Indonesia I Nyoman Winata menyerahkan piala juara pemenang Lomba Juara 1 sampai 3 pada kategori yang dilombakan.