Diposting : 4 April 2018 21:20
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Diskes
SAMPAIKAN - Staf Promkes Diskes Klungkung Ketut Ardana menyampaikan tujuan PHBS bagi rumah tangga.
BALI TRIBUNE - Penyampaian pentingnya kesehatan bagi masyarakat luas di Klungkung terus digencarkan Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung. Pentingnya prilaku pola hidup bersih dan sehat (PHBS) terus disosialisasikan ke masyarakat luas, penyampaiannya melalui pertunjukan tradisional masyarakat seperti Bondres, sehingga diharapkan mampu mengubah prilaku  hidup sehat masyarakat luas, dapat dicerna dengan mudah melaui guyonan Bondres yang segar dan menghibur.
 
Melalui Si Promkes (Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat red) Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung secara khusus menggelar pertunjukan Bondres Denok CS, di Banjar Pande, Desa Kusamba, Kec  Dawan, Klungkung, Senin (2/4) malam. Sebelum pertunjukkan Bondres digelar Staf  Promkes Dinas Kesehatan Klungkung Ketut Ardana, SKM, Msi mewakili Kadiskes Klungkung dr Adi Swapatni menyampaikan maksud dari hiburan Bondres yang digelar ini terkait dengan arti pentingnya pola hidup bersih dan sehat di lingkungan sehari hari warga.
 
Menurutnya warga diberikan contoh jika orangtua meninabobokkan anaknya seraya bapaknya menghisap rokok, hal inilah yang tanpa disadari para orantua, niat membahagiakan anaknya malah memberikan bencana racun kepada anaknya. “Jika bapak-bapak merokok sambil menggendong anaknya, malah si bapak ini memberikan racun kepada anaknya tanpa disengaja. Hal inilah perlu diperhatikan oleh masyarakat arti penting pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya seraya mengingatkan warga terkait bahayanya asap rokok dalam linggkungan keluarga.
 
Pertunjukan Bondres  Denok CS ini sangat menghibur warga dengan lawakannya yang sangat mengena sekaligus mampu memberikan pencerahan pada warga terkait pentingnya pola hidup bersih dan sehat bagi masyarakat Banjar Pande Desa Kusamba yang hadir.
 
Sebelumnya, Bendesa Pakraman Pande Desa Kusamba Pande Ariadi di hadapan seluruh warga Pakraman yang berjumlah 105 KK ini mengharapkan agar seluruh krama Warga Banjar Pande Kusamba mengikuti alur cerita hiburan Bondres Denok CS ini yang berisi pesan pesan pola hidup bersih dan sehat yang penting bagi warga. Bukan para orang tua malah peran STT Segeni Jaya Banjar Pande, Kusamba yang diketuai Putu Wahyudi Arisandi ikut berperan mendukung program Kesehatan Dinas Kesehatan Klungkung ini dengan mengerahkan seluruh anggotanya sekitar 70 anggota STT.
 
Kasi Promkes Diskes Klungkung yang diwakili  Ketut Ardana, SKM, Msi  diakhir acara pertunjukkan menyatakan bidang Promkes Dinas Kesehatan Klungkung bakal terus melalukan sosialisasi dengan pola melalui hiburan rakyat seperti pertunjukkan Bondres ini. “Kita terus galakkan sosialisasi PHBS seperti ini kepada masyarakat luas agar mudah dicerna dan secara tidak langsung masyarakat mengerti arti hidup sehat yang sebenarnya,” jelasnya.  
https://www.instagram.com/hondafansbali/