Diposting : 20 August 2018 22:46
redaksi - Bali Tribune
BERSIH SAMPAH - Petugas DLH Gianyar berbaur dengan berbagai kalangan dalam kegiatan bersih sampah pantai.
BALI TRIBUNE - Meski pantai dan laut di Gianyar belum masuk katagori darurat sampah, Pemerintah  Gianyar  terus bergerak dalam  aksi bersih bersama. Untuk memberikan edukasi berkedasaran lingkungan, Dinas lingkungan hidup ( DLH) Gianyar  selalu melibatkan berbagai komponen. 
 
Minggu (19/8), aksi bersih pantai ini dilaksanakan serentak diseluruh wilayah pantai di Kabupaten Gianyar. Kegiatan ini didukung penuh oleh Kepolisian Polres Gianyar dengan melibatkan Pramuka Kwarcab Gianyar, TNI, Karang Taruna, Sekehe Teruna dan masyarakat di wilayah pesisir. Kegiatan aksi bersih bersih pantai dipimpin langsung oleh kepala desa sesuai wilayah masing masing, di Pantai Siyut dipimpin Pjs Perbekel Tulikup, di Pantai Lebih dipimpin Perbekel Wayan Gde Pradnyana, di Pantai Purnama dipimpin Perbekel Sukawati, demikian juga pantai lainya. 
 
Walaupun pagi hari cuaca kurang mendukung, dibeberapa wilayah pantai di Gianyar gerimis hujan ringan tapi kegiatan bersih bersih  tetap dilaksanakan. Tampak dilapangan dari unsur  kepolisian Resort Gianyar memberi semangat, 'ayo jalan terus..., ini cuma gerimis nanti juga  reda... Kalau berkeringat tidak akan sakit'. Beberapa peserta tampak juga menggunakan jas hujan atau mantel.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gianyar, Wayan Kujus Pawitra, mengajarkan, kegiatan bersih bersih pantai rutin diselenggarakan di Gianyar menjelang penyelengggaraaan IMF Word Bank. "Kita secara rutin menggelar aksi bersih-bersih di pantai. Apalagi menjelang penyelengggaraaan IMF Word Bank," ungkapnya.
 
Dikatakannya, dalam kegiatan pembersihan pantai ini, terkumpul dan terangkut sampah dari seluruh bibir pantai di Gianyar, sampah organik berupa ranting kayu, dedaunan, batang pohon 3 truk , sampah pastik an organik 1 truk. "Sebagian besar sampah merupakan sampah kiriman dari laut, akibat laut pasang dan angit barat. Juga ada sampah yang hanyut dari hulu," tandasnya.