Bali Tribune, Rabu 25 April 2018
Diposting : 24 January 2018 16:51
Djoko Purnomo - Bali Tribune
promosi
Keterangan Gambar: 
AA Bagus Tri Candra Arka

BALI TRIBUNE - Dua putra Bali, yang selama ini menjadi pengurus Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Bali yakni AA Bagus Tricandra Arka dan I Ketut Wisna masuk dalam jajaran kepengurusan baru PB Kodrat periode 2017-2021. Keduanya dilantik secara resmi pada Kamis (25/1) besok di Jakarta.

AA Bagus Tricandra Arka saat dihubungi Selasa (23/1) mengatakan, di kepengurusan pusat nanti dirinya menjabat Wakil Ketua V Bidang Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri.

"Artinya segala urusan menyangkut tarung derajat di luar negeri menjadi tugas saya nantinya bersama ketua di bidang ini. Seperti promosi maupun pengembangan olahraga asli Indonesia di kancah internasional," ujar Tricandra Arka.

Pria yang duduk sebagai Sekum Pengprov Kodrat Bali ini menambahkan, soal pengembangan tarung derajat di luar negeri saat ini sudah mulai berkembang. Sudah ada beberapa negara, terutama di wilayah Asia Tenggara, tarung derajat mulai diminati seperti Malaysia, Vietnam, Singapura dan lainnya.

"Bahkan di negara itu sudah digelar kejuaraan dan petarung Indonesia pernah ikut serta di dalamnya," imbuhnya yang kembali menjabat bidang yang sama untuk kedua kalinya.

Lalu, misi selanjutnya yang dibebankan kepada bidang itu yakni memuluskan agar tarung derajat bisa dipertandingkan secara resmi dalam ajang sekelas SEA Games.

Sementara dihubungi terpisah, I Ketut Wisna mengatakan namanya masuk dalam line-up pengurus baru di pusat adalah yang pertama kali. Wisna yang merupakan Ketua Dewan Pelatih Kodrat Bali ini menjabat sebagai Bidang Perencanaan Usaha. Latar belakang sebagai pengusaha turut menjadi alasan Ketut Wisna ditunjuk untuk menukangi bidang tersebut.

"Suatu kehormatan bagi kami khususnya tarung derajat Bali dimana putra daerah bisa masuk sebagai pengurus pusat. Bahkan, saya sendiri saat itu ditelepon langsung oleh Sang Guru H. Achmad Derajat," beber Wisna.

Setelah ditetapkan, nantinya pria yang akrab disapa Kang Wisna ini bertugas menyusun perencanaan kegiataan yang dilakukan oleh PB Kodrat. "Artinya setiap kegiatan tarung derajat secara nasional perlu finansial yang cukup yang bersumber dari berbagai pihak," tandasnya.

Besar harapan keduanya nanti tarung derajat bisa sukses baik di dalam maupun luar negeri. Sehingga, apa yang menjadi cita-cita bersama bisa terwujud. Khususnya jika sampai menembus event SEA Games, karena akan menambah bela diri asli nusantara yang diakui di mata dunia.