Bali Tribune, Sabtu 18 November 2017
Diposting : 8 June 2016 14:48
rls - Bali Tribune
lomba
Keterangan Gambar: 
LOMBA DESA - Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Provinsi Bali melakukan evaluasi dan penilaian di Desa Bebandem Karangasem. Tampak, Bupati IGA Mas Sumatri dalam penilaian di Balai Serba Guna Desa Bebandem,Selasa (6/6).

Amlapura, Bali Tribune

Setelah didaulat sebagai Desa Terbaik di Kabupaten Karangasem, Desa Bebandem Kecamatan Bebandem kemudian ditunjuk sebagai Duta ‘Bumi Lahar’ pada Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Bali. Serangkaian dengan lomba dimaksud, Tim Evaluasi yang juga Penilai Lomba Desa dan Kelurahan se-Bali tahun 2016.

Dalam sambutannya di Balai Serba Guna Desa Bebandem, Senin (6/6) lalu, Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri menyampaikan, lomba ini bersifat rutinitas yang bertujuan untuk menggali dan menunjukkan prestasi tiap desa dan kelurahan yang ada di Bali. selain itu, melalui lomba ini dapat diketahui bagaimana efektivitas serta tingkat perkembangan,kemajuan,kemandirian, keberlanjutan pembangunan di desa.

“Desa yang mewakili Kabupaten Karangasem dalam lomba Desa tingkat Propinsi Bali tahun ini, adalah Desa yang kami anggap terbaik dan memenuhi indikator yang telah ditetapkan, dan ini merupakan hasil penilaian, evaluasi oleh tim evaluasi,” jelas Bupati Sumatri.

Ia berharap, Desa Bebandem bisa menjadi juara dalam lomba tersebut dan menjadi desa percontohan, sehingga Kabupaten Karangasem mampu mewakili Bali dalam lomba desa tingkat Nasional.

Terkait dengan kehidupan beragama di wilayahnya, Bupati Sumatri meminta, guna mewujudkan dharma bakti sebagai warga negara yang baik. Warga diminta untuk tidak sebatas aktif saat lomba saja, namun hal itu senantiasa berlangsung dalam keseharian warga.

Sementara itu, Perbekel Desa Bebandem I Gede Parta Dana menyebutkan, terdapat sejumlah potensi Desa Bebandem yang perlu diperhatikan. Diantaranya, dengan mementuk kelompok home industri berupa olahan Buah Salak sehingga dapat mendongkrak pertumbuhan perekonomian masyarakat. “Hal itulah yang menjadi salah satu faktor diberikannya penghargaan bidang Wana Lestari kepada Desa Bebandem,”terangnya.

Selain itu ungkap Perbekel Parta Dana, upaya Desa Pakraman Liligundi menjaga kebersihan lingkungan lewat program STMB (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) dengan pertimbangan aturan adat patut diapresiasi. “Di sektor pengembangan inovasi lainnya, Desa Pakraman kami telah mampu menerapkan perarem untuk tidak menyuguhkan rokok saat kegiatan upacara adat sebagai wujud mendukung upaya pemerintah tentang Perda Kawasan Tidak Merokok serta secara tidak langsung berdampak dalam mengurangi beban bagi masyarakat yang kurang mampu,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama Ketua Tim Penilai Lomba Desa yang juga menjabat Kepala BPMD Provinsi , Ir. Ketut Lihadnyanan memberikan apresiasinya, atas apa yang dilakukan warga desa Bebandem. Lomba Desa ini bertujuan untuk memberi motivasi kepada perangkat Desa untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat serta melakukan solusi yang inovatif terhadap masalah yang muncul di wilayah desa. Menurutnya, kemajuan suatu desa akan sangat mendukung kemajuan pembangunan Nasional dan kemajuan Bangsa.

Dalam acara tersebut, hadir Sekda Kabupaten Karangasem I Gede Adnya Mulyadi, Ketua DPRD Kabupaten Karangasem I Nengah Sumardi dan seluruh kepala SKPD lingkup Pemkab Karangasem.