Diposting : 9 January 2019 11:52
San Edison - Bali Tribune
Wayan Gunawan
 
BALI TRIBUNE -  Memasuki tahun 2019, DPD Partai Golkar Bali langsung melakukan penyegaran komposisi pengurus fraksi di DPRD Bali. Penyegaran sebagaimana tertuang dalam SK DPD Partai Golkar Bali Nomor: KEP-01/GOLKARDA/I/2019. 
 
SK ini ditandatangani Plt Ketua DPD Partai Golkar Bali Gde Sumarjaya Linggih dan Sekretaris Nyoman Sugawa Korry. Dalam SK tentang Komposisi dan Personalia Pengurus Fraksi Partai Golkar DPRD Bali Periode 2014-2019 tersebut, nama Wayan Gunawan digusur dari posisinya sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Bali. 
 
Gunawan yang juga Ketua DPD Partai Golkar Bangli, digantikan oleh Made Dauh Wijana yang tak lain adalah Ketua DPD Partai Golkar Gianyar. Gunawan sendiri sudah duduk sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Bali sejak 2014. Bahkan pada periode 2009-2014, Gunawan juga dipercaya menempati posisi yang sama. 
 
Adapun Made Dauh Wijana, duduk sebagai anggota DPRD Bali antarwaktu sejak 2018. Dauh Wijana menggantikan Tjokorda Raka Kerthyasa alias Cok Ibah, yang tampil sebagai calon bupati pada Pilkada Gianyar 2018. 
 
"Ya, benar kita lakukan penyegaran. Kita percayakan Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Bali kepada Dauh Wijana," kata Plt Ketua DPD Partai Golkar Bali Gde Sumarjaya Linggih, saat dikonfirmasi di Denpasar, Selasa (8/1).
 
Soal alasan pergantian Gunawan, Sumarjaya Linggih mengatakan, hal tersebut lebih pada penyegaran. Ia awalnya membantah bahwa pergantian tersebut sebagai buntut munculnya usulan Musdalub (Musyawarah Daerah Luar Biasa) dari 8 DPD Partai Golkar Kabupaten/Kota se-Bali. Gunawan selaku Ketua DPD Partai Golkar Bangli, merupakan salah satu pengusul Musdalub. 
 
Namun dari jawabannya, secara tersirat bahwa pergantian Gunawan ini sebagai buntut kisruh internal Partai Golkar. "Fraksi itu perpanjangan tangan dari partai. Jadi ketua fraksi harus yang bisa kita ajak komunikasi," kata Demer, sapaan akrab Sumarjaya Linggih. 
 
"Kemarin yang ribut-ribut itu, kan agak susah untuk berkomunikasi. Jadi ada baiknya dilakukan penyegaran. Supaya komunikasi antara partai dengan fraksi bisa maksimal," imbuh Sumarjaya Linggih, yang juga anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI. 
 
Dalam komposisi dan personalia Fraksi Partai Golkar DPRD Bali yang baru, Dauh Wijana didampingi Wakil Ketua Ida Bagus Gede Udiyana dan Wayan Rawan Atmaja. Adapun Sekretaris Fraksi dipercayakan kepada IGK Kresna Budi dan Bendahara Fraksi Ni Putu Yuliartini. Nama Nyoman Sugawa Korry, diposisikan sebagai Penasihat Fraksi.