Diposting : 6 October 2018 23:46
Djoko Purnomo - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
AA Bagus Tri Candra Arka
BALI TRIBUNE - Untuk lebih mematangkan program kepelatihan serta pengembangan bela diri tarung derajat, para kader pelatih tarung derajat beserta guru olahraga se-Bali mendapat pembekalan yang digagas oleh Disdikpora Bali. Kegiatan itu sendiri digelar pada pertengahan bulan lalu.
 
"Jadi ini salah satu terobosan positif, terutama untuk pelatih muda dan juga insan guru olahraga. Terutama untuk kader pelatih, biasanya mereka mendapat ilmu berdasarkan pengalaman. Tapi sekarang ditambahkan dengan sisi akademisnya itu sangat bagus," ujar Sekum Pengprov Kodrat Bali, AA Bagus Tri Candra Arka, kemarin.
 
Diklat itu diharapkan bisa diserap sebaik mungkin oleh peserta yang mengikuti, karena ilmu yang didapat itu nantinya diterapkan langsung dalam mendidik petarung-petarung muda maupun yang berpotensi.
 
Apalagi, lanjut dia, di tengah perkembangan olahraga tarung derajat yang begitu pesat di Bali, sudah seharusnya pelatih juga dibekali ilmu yang lebih, tentunya dari sisi akademis.
 
"Kami khususnya dari Pengprov Kodrat Bali sangat mengapresiasi kepada Disdikpora Bali yang telah mewadahi tarung derajat dengan diklat pelatih itu," tegas pria yang akrab disapa Gung Cok ini.
 
Sementara itu, pelatih senior Bali, Ketut Gede Sumantra yang juga sebagai salah satu narasumber diklat itu menambahkan, adapun kegiatan itu terbagi menjadi beberapa rangkaian seperti pelatihan dasar, perangkat pertandingan serta pelatihan wasit serta juri.
 
Selain dirinya, dibantu juga dua orang narasumber yakni Kang Kadek serta Teh Ria dari Pengprov Kodrat Bali. Soal peserta, terutama dari kalangan guru olahraga merupakan rekomendasi dari Dispora masing-masing kabupaten/kota.
 
"Khususnya di Tabanan itu yang mengikuti sebagian besar adalah guru olahraga. Mereka sangat antusias bahkan berkomitmen dan berjanji siap mengembangkan tarung derajat di sekolah-sekolah yang ada di sana," tegas pelatih yang karib disapa Kang Tut De ini.
 
Soal materi dalam pelatihan itu dipaparkan berbagai macam hal, seperti di antaranya beber Tut De yakni soal anatomi tubuh, ilmu gizi, kesehatan, kekuatan otot dan lainnya.