Diposting : 12 October 2018 21:56
habit - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
NEGATIF - Kepala BNKK Klungkung AKBP Dewa Made Artha nyatakan hasil tes urine negatif.
BALI TRIBUNE - Setelah sukses melakukan tes urine bagi karyawan PDAM Klungkung dan berhasil menjaring 1 orang karyawannya yang urinenya mengandung zat aditiv narkoba, kini BNKK Klungkung terus melakukan tindakan preventif. Kali ini yang disasar adalah Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta  Kantor Desa Pesinggahan dan terakhir Kantor  Camat Dawan, Klungkung.
 
Tindakan itu dilaksanakan BNKK Klunggkung ini berdasarkan Surat Perintah nomer sprin: 122/X/ka/cm.00/2018/BNNK-KLk dengan waktu pelaksanaan Kamis,11 Oktober 2018 dimulai Pukul 08:00 Wita sampai selesai. Hal itu menurut Kepala BNKK Klungkung AKBP Dewa Made Alit Artha, hal tersebut dilakukan untuk melaksanakan P4GN (pencegahan pemberantasan dan penyalahgunaan peredaran gelap narkoba) dan Prekursor Narkotika Tahun 2018-2019. “Mengawali pelaksanaan tes urine bagi PNS /Pegawai di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana selanjutnya di Kantor Desa Pesinggahan dan  terakhir di Kantor Camat Dawan,” bebernya.
                   
Dewa Made Artha menyatakan tujuan dilaksanakan tes urine ini untuk menciptakan lingkungan kerja bersih dari  Narkoba. Dan diharapkan BNKK Klungkung bisa bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung sesuai dengan Inpres no 6 tahun 2018 terkait dengan rencana Aksi Nasional P4GN (pencegahan pemberantasan dan penyalahgunaan peredaran gelap narkoba) dan Prekursor Narkotika Tahun 2018-2019. ”Saya mengimbau kepada para aparat desa maupun pegawai Pemkab Klungkung untuk bisa bekerjasama dengan  BNN Kab. Klungkung bila mana  menemukan peredaran gelap narkoba di sekitar wilayah kerja agar segera melaporkan ke kantor BNN Kab. Klungkung, demi kenyamanan dan keamanan dalam bekerja,” ujarnya.
 
Dari pelaksanaan tes urine di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  yang ikuti tes  sebanyak 75 orng. Sementara tes urine yang dilaksanakan di  Kantor Desa Pesinggahan sejumlah 13 orang. Sementara pelaksanaan tes urine bertempat di Kantor Camat Dawan sebanyak 30 orang.  dari total 117  sampel urine yang telah dilaksanakan . “Dari semua tes urine yang dilaksanakan ini hasilnya menggembirakan dengan hasil negatif  tidak terindikasi  penyalahguna narkoba,” jelasnya.
 
Kepala Kantor  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Klungkung Wayan Suteja menyebutkan  dari seluruh pegawai dan stafnya yang  ada semua berjumlah 83 orang namun yang hadir sebanyak 76 orang. Dari jumlah yang mengikuti tes urine ada sebanyak 76 orang dan yang tidak ikut hadir sebanyak 7 orang dengan rincian 3 orang sakit dan 4 orang sedang mengikuti pelatihan di Badung . “Semoga  dengan dilaksanakan nya tes urine ini  kejadian yang terakhir ada pegawai yang terlibat Narkoba  dan berharap kita semua selalu menjaga diri agar tetap bisa terbebas dari narkoba,” ujarnya. 
 
Namun dirinya tidak menutup rasa sedihnya dengan adanya seorang stafnya terlibat kasus penyalahguna Narkoba dan saat ini sedang menjalani penahanan di Mapolres Klungkung