Diposting : 24 September 2016 10:48
Agung Samudra - Bali Tribune
Bupati
Keterangan Gambar: 
PENGHARGAAN - Bupati Bangli I Made Gianyar beri penghargaan kepada siswa dan masyarakat yang aktif memanfaatkan fasilitas perpustakaan.

Bangli, Bali Tribune

Salah satu indikator masyarakat berpendidikan adalah memiliki kegemaran membaca yang tinggi. Tugas kita bersama adalah membudayakan masyarakat gemar membaca. Bupati Bangli I Made Gianyar mengungkapkan hal itu saat memberikan sambutan acara memperingati hari kunjungan perpustakaan dan bulan gemar membaca, Jumat (23/9).

Dalam acara yang dipusatkan di depan Monumen Pahlawan Kapten AA Anom Mudita, dihadiri oleh perwakilan Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali, Kepala Kantor Perpustakaan Kabupaten Kota se-Bali itu, Bupati Made Gianyar menuturkan, melaksanakan kewajiban pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa perlu ditumbuhkan budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan.

Papar Gianyar, di masa kepemimpinan lima tahun ke depan dengan visi membumikan ajaran Tri Sakti Bung Karno untuk mewujudkan masyarakat Yang Gita Santi, sebagai implementasinya diterapkan dalam empat pilar pembangunan, yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan. “Manusia selalu tumbuh dan melakukan regenerasi, juga ilmu pengetahuan selalu tumbuh dan berkembang sesuai dengan zamannya. Kondisi perpustakaan juga akan selalu tumbuh sesuai peradaban manusia, oleh karena itu kegemaran membaca harus terus ditingkatkan. Jadikanlah perpustakaan sebagai sahabat terbaik bagi keluarga masyarakat Bangli,” ujar Gianyar.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bangli Dra. I Dewa Ayu Widiasih,M.Pd, mengungkapkan, tujuan dari digelarnya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat dan generasi muda. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan minat baca, yakni pelayanan keliling ke desa-desa dan sekolah serta perpustakaan umum dengan mobil keliling, mengikuti lomba bercerita tingkat SD, metembang tingkat SMP, dan Lomba Baca Puisi Tingkat SMA/SMK. Bangli membaca diawali dari anak-anak SD se-Kabupaten Bangli yang dilaksanakan dengan cara siswa SD diwajibkan membaca buku bacaan, untuk kemudian dibuat rangkuman.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali yang dibacakan oleh Kabid Layanan Bapak IB Yudi Dananjaya menyampaikan, melalui peringatan ini diharapkan masyarakat khususnya anak-anak usia dini menjadi gemar membaca dan rajin mengunjungi perpustakaan, karena kita semua menyadari bahwa membaca adalah kunci keberhasilan anak-anak di sekolah. Semenjak dicanangkannya Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca dari tahun 1995 sampai sekarang, media massa selalu mendengungkan berita mengenai minat membaca masyarakat.