Bali Tribune, Sabtu 19 Agustus 2017
Diposting : 28 April 2016 15:21
Viktor Riwu - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
De Prad dan Surya

SETAHUN setelah wara-wiri di berbagai situs jual dengar lagu online seperti iTunes, album “Inspirasi Semesta” dirilis ulang oleh band The Journey pada tahun 2016 ini. Ada sembilan lagu dalam album bernuansa pop ini, satu di antaranya dengan lirik berbahasa Bali.

“Sebelumnya album Inspirasi Semesta ini belum sempat kami perkenalkan secara resmi ke publik. Saat ini kami rilis secara resmi untuk lebih memperkenalkan The Journey ke publik,” kata Surya, vokalis band berformat duo ini, dalam jumpa media, Rabu (27/4).

Dikatakannya dari sembilan lagu dalam album Suara Semesta, delapan di antaranya diciptakan oleh Pradnyana – biasa dipanggil De Prad – yang juga bassist dari The Journey. “Satu lagi adalah karya Ian Joshua Stevenson (ex Dialog Dini Hari, kini di Zat Kimia),” tambah Surya.

Terkait pemilihan judul “Inspirasi Semesta” dikatakan Surya, hal itu tak terlepas dari ide dasar lagu-lagu yang termuat dalam album ini, yang banyak terinspirasi dari kehidupan sekitar. “Lagu-lagu di album ini banyak berkisah tentan perjalanan hidup sang penulis,” demikian tertulis di cover album.

Kesembilan lagu itu adalah Pecinta Mimpi, Menjauh, Kuterima, Cinta Segitiga, Lagu Sederhana, Perdamaian, Denpasar, Ngelawan Sepi (lirik Bahasa Bali), dan Bukan Cinta Itu (cipt Ia Joshua Stevenson). “Selain Ian, kami dibantu Deny Surya sebagai music director,” tambah Surya.

Relaunch album Inspirasi Semesta ini menjadi momen bagi The Journey untuk lebih memperkenalkan diri ke khalayak penikmat musik. Sebagai sarana pendukung, lagu-lagu dalam album ini akan dibuatkan video clip. “Saat ini sudah ada empat video clip untuk mendukung publikasi,” ujarnya.

The Journey terbentuk pada 9 November 2014, digawangi oleh Surya (vokalis) dan De Prad (bassist) setelah keduanya dipertemukan di lapangan futsal. Mereka sepakat membentuk band berformat duo agar lebih mudah berkiprah dan berkarya.

“Meskipun kami memilih format duo ini, tapi untuk keperluan manggung kami juga mengajak additional player,” tambah Surya. Agar lebih diterima semua kalangan, The Journey mengambil warna pop sebagai karakter utama. Namun demikian, kata Surya, setiap lagu karya mereka akan diberi sentuhan berbeda.