Diposting : 20 April 2019 20:28
Ray - Bali Tribune
Bali Tribune/Kapolda Bali (tengah) diapit Rektor dan Ketua Senat Universitas Udayana (Unud) Bali.

balitribune.co.id | Denpasar - Kapolda Bali Irjen Pol Petrus R Golose dianugerahi gelar Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa) oleh Universitas Udayana (Unud) Bali. Prosesi penganugerahan gelar berlangsung dalam Rapat Senat Unud Terbuka di Gedung Auditorium Widya Sabha  Unud, Bukit Jimbaran, Sabtu (20/4) siang.

Ini merupakan gelar Doktor Kehormatan ke-3 yang diberikan Unud kepada ilmuwan dan akademisi yang dinilai berjasa atau berkarya luar biasa dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, sosial, budaya dan bidang kemanusiaan/kemasyarakatan.

"Gelar DR Kehormatan kita berikan kepada Pemenang Nobel Kimia 2003 Dr Peter Agre yang dianugerahkan pada 24 Maret 2017, dan yang kedua kepada Prof Takuya Marumoto PhD  dari Yamaguchi University pada pada tanggal 30 Juni 2017," ujar Rektor Unud Prof Dr AA Raka Sudewi.

Menurut Sudewi, Golose diberikan penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan karena diketahui bersama bahwa beliau sebagai Kapolda Bali telah mampu memberikan perubahan besar terhadap paradigma masyarakat kepada Kepolisian khususnya di Provinsi Bali.

"Berbagai terobosan telah dilakukan, salah satunya adalah yang langsung melibatkan Universitas Udayana melaksanakan penelitian bersama Universitas Indonesia (UI) terhadap penilaian masyarakat kepada Kepolisian, kepemimpinan transformasional, pengelolaan sumber daya manusia dan perencanaan strategis. Dan dari hasil penilaian tersebut, faktor kepemimpinan transformasional Irjen Pol Petrus R Golose berhasil mendapat penilaian tertinggi,” ungkapnya.

Penilaian terhadap kepemimpinan di Polda Bali saat ini sangat sesuai dengan realita, sangat menonjolkan aspek intellectual simulation. Dapat dimaknai bahwa kecerdasan dan rasionalitas membuat serta mengambil keputusan dalam mengatasi masalah yang ada dan telah berhasil membawa perubahan yang signifikan dalam kinerja Polda Bali, serta mampu memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat termasuk wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Disamping bertugas di Kepolisian, Golose juga Dosen Tetap atau Luar Biasa pada Pascasarjana Universitas Indonesia, Universitas Pertahanan, STIK, Sespimmen dan Sespimti serta Lemhanas RI. Bersamaan dengan itu, Irjen Pol Petrus Reinhard Golose  secara konsisten dan produktif telah mengembangkan berbagai disiplin ilmu hukum yang sangat penting bagi tatanan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara kita dewasa ini. Antara lain dalam bidang hukum kejahatan terorganisir (the law of organized crime), hukum tindak kejahatan ekonomi dan korporasi (the law of economic and corporate crime), hukum kejahatan internet (the law of cybercrime), dan hukum kejahatan terorisme (the law of terrorism), baik nasional maupun internasional, sehingga Ijen Pol Petrus Reinhard Golose dikenal sebagai figur rujukan dalam bidang disiplin dan praktek hukum tersebut.

"Untuk itu, pada hari ini setelah memenuhi persyaratan yang ditentukan dan mendapatkan pertimbangan Senat Universitas Udayana, Universitas Udayana dengan bangga menganugerahkan gelar Doktor Kehormatan dalam Bidang Ilmu Hukum kepada Irjen Pol Petrus Reinhard Golose," ujar Sudewi.