Diposting : 17 May 2018 22:38
Khairil Anwar - Bali Tribune
pembangunan
Keterangan Gambar: 
Bupati Putu Agus Suradnyana saat meninjau hasil kreativitas anggota PKK serangkaian pembukaan BBGRM di pantai Kerobokan Kecamatan Sawan Buleleng, Rabu (16/5) kemarin.
BALI TRIBUNE - Bupati Buleleng,Putu Agus Suradnyana, ST,membuka Bulan Bakti Gotong Royong  Masayarakat (BBGRM) ke-  XV di Pantai Kerobokan,Kecamatan Sawan,Rabu (16/5) kemarin.Acara ini diintegrasikan dengan Hari Kesatuan Gerak PKK KB Kes ke- 46 dan Karya Bhakti Lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) tahun 2018 tingkat Kabupaten Buleleng.
 
Kegiatan dibuka secara simbolis dengan penyerahan bantuan Paket PMT TB, paket PMT untuk ibu hamil, 30 paket sembako kepada lansia, 40 paket makanan tambahan bagi anak usia dini dan penyerahan  piala dan piagam penghargaan bagi pemenang lomba KUR dalam rangka HUT Kota Singaraja ke- 414.
 
Selain Bupati Agus Suradnyan,hadir pula ketua PKK Kabupaten Buleleng Ny. Aries Suradnyana selaku Bunda PAUD  Buleleng. Beserta OPD dan  Camat se Kab. Buleleng.
 
Bupati Putu Agus Suradnyana mengatakan, pelaksanaan bulan bakti gotong royong masyarakat ini merupakan upaya menggelorakan semangat kesetiakawanan sosial dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan.
 
Menurutnya, hal in didasari tiga pertimbangan utama yaitu, memperkuat integrasi sosial dalam kehidupan masyarakat.
 
”Ini juga untuk lebih meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang berlandaskan gotong royong serta keswadayaan masyarakat dan meningkatkan upaya pemberdayaan masyarakat agar masyarkat mampu membangun diri dan lingkungan secara mandiri,”katanya.
 
Lebih lanjut dikatakan,di bukanya BBGRM ke-15 yang diintegrasikan dengan hari kesatuan gerak PKK – KB- Kes. ke- 46 serta kraya bakti LPM tingkat Kabupaten Buleleng tahun 2018, agar semua komponen di desa ikut bersama – sama merancang program pembangunan dan pemberdayaan masyarkat dengan menitik berat pada usaha ekonomi produktif.
 
”Melalui gerakan keswadayaan dan kegotong royongan masyarakat dapat memberikan hasil yang maksimal, guna mewujudkan buleleng smile, yang juga  nantinya mampu meningkatkan drajat para  ibu-ibu PKK yang ada di Desa,” terangnya.
 
Sementara itu,Ketua Panitia,I Gede Sandhiyasa,S.Sos,M.Si,mengatakan, kegiatan BBGRM yang  mengambil tema “Dengan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat XV kita dayungkan peran lembaga kemasyarakatan desa sebagai mitra pemerintah desa.
 
Dikatakannya, hal itu bertujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan menuju penguatan integritas sosial yang sesuai dengan peraturan Menteri dalam Negeri No. 42 tahun 2015 tentang pedoman penyelenggaraan BBGRM.
 
”Kegiatan ini di selenggarakan setiap tahun pada bulan Mei, dengan berbagai kegiatan seperti gotong royong, pembinaan sosial dan penyuluhan pelayanan – pelayanan kepada masyarkat dan pameran hasil kerajinan masyarkat desa,”tutup Sandhiyasa  yang juga Kadis PMD Buleleng ini.