Diposting : 7 July 2018 13:06
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
KARYA BHAKTI -- Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, SIP., (kiri) secara simbolis menyerahkan bantuan bedah rumah kepada perwakilan warga di sela acara karya bakti dan baksos di 5 Desa Pakraman di Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Jumat (6/7).
BALI TRIBUNE - Menjelang peringatan HUT ke-73 TNI, Kodam IX/Udayana di bawah Komando Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, SIP., seolah tiada henti bahkan makin gencar membangun sinergisitas dengan berbagai elemen, baik instansi pemerintah, swasta maupun masyarakat, seperti yang dilaksanakan, Jumat (6/7) melalui kegiatan karya bakti dan bakti sosial (baksos) di lima desa pakraman, bekerja sama dengan Krisna Holding Company (KHC), di Kecamatan Blahbatuh, Gianyar.
 
Kegiatan ini sebagai salah satu metode dalam mengaplikasikan semangat Tri Hita Karana (THK), untuk membangun dan mewujudkan hubungan yang harmonis antarmanusia, hubungan manusia dengan alam lingkungan dan hubungan manusia dengan Sang Pencipta. Konsep ini sesungguhnya sudah menjadi jiwa dan semangat masyarakat Bali yang senantiasa mewarnai kehidupan dalam kesehariannya.
 
Berpijak dari konsep yang adi luhur ini, Kodam IX/Udayana memformulasikan dalam bentuk kegiatan karya bakti dan baksos yang dipusatkan di lima desa pakraman (Blangsinga, Banda, Saba, Bone, dan Blahbatuh). Dengan sasaran pokok kegiatan meliputi, penanaman pohon, pembersihan lingkungan dan tempat suci (tempat ibadah), bedah rumah, serta pemberian sembako, yang melibatkan ribuan prajurit TNI, karyawan KHC dan masyarakat perwakilan dari lima desa pakraman.
 
Melalui penanaman ribuan bibit pohon (Cempaka, Tabe Buya, dan Jambu Kristal) tersebut diharapkan dapat menjaga keindahan dan keasrian lingkungan sekaligus sebagai upaya dalam menjaga keharmonisan hubungan antara manusia dengan lingkungan. Juga pemberian sembako kepada masyarakat yang kurang mampu dan bedah rumah untuk membantu kesulitan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan sandang dan papan sebagai cerminan dalam upaya menjaga keharmonisan hubungan antarmanusia.
 
Sedangkan kegiatan pembersihan lingkungan dan tempat ibadah sebagai pengejawantahan dari keharmonisan hubungan antara manusia dengan Sang pencipta. ”Karya bakti dan bakti sosial kali ini merupakan implementasi dari Program Kerja TNI AD di bidang teritorial, khususnya untuk membantu Pemda dalam mengatasi kesulitan masyarakat, sekaligus sebagai upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup serta mengurangi dampak pemanasan global, juga sejalan dengan konsep Tri Hita Karana yang sudah menjadi jiwa dan senantiasa memberikan warna terhadap kehidupan masyarakat Bali,” ujar Pangdam.
 
Desa Blangsinga dipilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini, karena merupakan desa wisata yang sepatutnya dipelihara dan dijaga bersama, baik dari segi kebersihan, kenyamanan, keamanan, keindahan, keasrian, dan kelestariannya. “Sehinga desa wisata ini tetap ajeg dan menjadi objek wisata yang  potensial serta menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara,” harap Jenderal Benny Susianto.
 
Turut hadir, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, Pj Bupati Gianyar Ketut Rochineng, owner KHC, para pejabat teras Kodam IX/Udayana, serta sejumlah tokoh (agama, adat dan masyarakat) perwakilan dari 5 desa di Kecamatan Blahbatuh,  Kabupaten Gianyar.