Diposting : 23 April 2018 15:52
Redaksi - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
LANTIK - Bupati Karangasem saat melantik dan mengukuhkan pengurus Karang Taruna Karangasem di Wantilan Kantor Bupati

BALI TRIBUNE - Bertepatan dengan momentum peringatan Hari Kartini, Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri, Sabtu (21/4), mengukuhkan dan melantik kepengurusan Karang Taruna periode 2018-2023, di wantilan Kantor Bupati. Turut hadir dalam acara tersebut, Sekda Kabupaten Karangasem, Perwakilan Karang Taruna Provinsi Bali, Anggota DPR dapil Karangasem, dan OPD terkait dilingkungan Pemda Karangasem.

Ketua panitia I Wayan Jatiyasa mengatakan pelantikan dan pengukuhan pengurus Karang Taruna kali ini cukup bersejarah karena dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Kartini. “Semoga Karang Taruna ini bisa membawa Kabupaten Karangasem ke arah yg lebih baik, tentu saja semua ini didukung penuh oleh pemerintah Kabupaten Karangasem, sejak dibentuknya kembali pengurus baru periode 2018-2023 yang di ketuai oleh I Gusti Ngurah Gede Subagiartha ini,” tegas Wayan Jatiyasa. Adapun kegiatan yang sudah berjalan diantaranya menerima kunjungan KT (Karang Taruna) Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri mengatakan permasalahan generasi muda akhir-akhir ini semakin lama semakin meningkat, baik kualitas maupun kuwantitasnya, sebagai akibat adanya krisis multidimensi yang menyangkut beberapa aspek seperti Politik, ekonomi, sosial maupun budaya. “Generasi muda adalah komponen besar penduduk Indonesia, keadaannya mengisi ruang-ruang penting dalam setiap aspek kehidupan,” tegas Bupati Mas Sumatri.

Hal ini menurutnya terjadi karena usianya yang potensial, pemuda adalah manusia produktif yang menggerakan pembangunan sekaligus juga menjadi media pertumbuhan bangsa, hingga kemampuannya mempelopori dan menentukan kemajuan bangsa menuju cita-cita kesejahteraan sosial yang diharapkan. Karang Taruna sebagai wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat di bawah binaan Menteri Sosial RI, baik bencana sosial maupun bencana alam. “Demikian juga kepada organisasi pemuda yang lainnya, mari kita bersama-sama membangun Karangasem, jangan malah sebaliknya, para generasi muda yang memicu timbulnya permasalahan sosial, seperti yang terjadi di tempat-tempat lain, program kegiatan organisasi pemuda yang sejalan dengan program pemerintah mengarah kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat, kami mendukung sepenuhnya,” pinta Bupati.

Selanjutnya untuk seluruh pengurus Karang Taruna yang baru saja dikukuhkan, pihaknya meminta siap menjadi mitra kerja Pemerintah untuk bersama-sama menanggulangi masalah-masalah kesejahteraan sosial yang terjadi di Karangasem, yang letak geografisnya berbukit-bukit dan kering hingga rawan timbulnya bencana. Dan Karang Taruna berfungsi sebagai wadah dan tempat generasi muda berkarya dan mengabdikan dirinya dengan berbekal pengetahuan dan kecerdasan untuk pembangunan daerah.