Diposting : 14 May 2019 13:18
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ Bupati Suwirta bersama Nyonya saat menghadiri pelaksanaan yadnya di Pura Paibon Bhujangga Waisnawa Banjar Ramuan, Desa Sekartaji, Kecamatan Nusa Penida, Minggu (12/5) lalu.
balitribune.co.id | Semarapura - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny Ayu Suwirta menghadiri prosesi penganyar karya Tawur Wraspati Kalpa, Padudusan, Ngenteg Linggih, Melaspas lan Mendem Pedagingan di Pura Paibon Bhujangga Waisnawa Banjar Ramuan, Desa Sekartaji, Kecamatan Nusa Penida, Minggu (12/5). Puncak karya berlangsung saat rahina Saraswati atau Saniscara Umanis Watugunung, Sabtu (12/5) lalu, yadnya ini disineb (diakhiri,red) Kamis (16/5) nanti.
 
Disela-sela kunjungan itu, Panitia Karya Nyoman Bimantara menyebutkan, Pura Paibon Bhujangga Waisnawa Br. Ramuan Desa Sekartaji itu diempon oleh, 30 KK.
 
Adapun untuk karya kali ini, masing-masing krama pengempon dikenai urunan Rp 6,5 tiap KK.
 
"Karya pertama sudah pernah digelar pada tahum 1984 silam," terangnya.
 
Sementara Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan apresiasi atas semangat kegotong royongan yang ditunjukkan warga. Bupati berharap, seluruh rangkaian karya berjalan lancer dan warga dianegerahi kerahayuan serta keselamatan oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa.
 
"Semoga seluruh rangkaian upacara ini berjalan lancar dan memberikan kerahayuan bagi seluruh pengempon pura," harapnya.
 
Dihadapan krama, Bupati Suwirta juga menyampaikan perkembangan pembangunan di Kabupaten Klungkung umumnya dan Kecamatan Nusa Penida pada khususnya. 
 
Menurut Bupati, jalannya pembangunan ini tidak terlepas dari dukungan dan doa seluruh masyarakat. 
 
"Mudah-mudahan melalui upacara ini kita selalu diberikan tuntunan dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Klungkung," ucapnya.
 
Pada hari yang sama pula, Bupati Suwirta bersama rombongan berkesempatan menghadiri pelaksanaan yadnya di Desa Pejukutan dan Desa Klumpu.
 
Untuk Desa Jungutan, Bupati berkunjung ke pelaksanaan yadnya di Pura Paibon Pratisentana Bendesa Manik Mas Banjar Cemlagi. 
 
Sementara di Desa Klumpu, Bupati bersama rombongan berkunjung ke Pemerajan Gede Warih I Gusti Pulasari Sentana Ida Bhatara Dalem Tarukan.