Bali Tribune, Sabtu 18 November 2017
Diposting : 12 September 2017 07:56
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Kolonel Laut (P) GB Oka
Keterangan Gambar: 
Kolonel Laut (P) GB Oka

BALI TRIBUNE - Seluruh prajurit TNI Angkatan Laut (AL), khususnya di jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar, selain melaksanakan tugas-tugas pokok yang diemban TNI AL juga senantiasa meningkatkan upaya penegakan hukum dan menguatkan penggunaan alutsista, baik dalam pengembangan dan perencanaannya. Dengan tetap mengedepankan sikap profesionalisme, seluruh prajurit Lanal Denpasar siap mengamankan seluruh wilayah perairan di sekiling Bali.

Demikian dikatakan Komandan Lanal (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) GB Oka, usai bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Peringatan HUT Ke-72 TNI AL di Mako Lanal Denpasar, Senin (11/9).  Turut ditampilkan dalam acara tersebut, sosiodrama perjuangan gigih Komandan Operasi Lintas Laut Jawa-Bali Kapten Markadi, pemimpin “Pasukan M” yang berhasil memukul mundur tentara Belanda dan Sekutu di Selat Bali pada 4 April 1946 lalu.
 
Guna mendukung program pemerintah pusat dan daerah, sesuai yang diserukan Presiden Joko Widodo untuk mencanangkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, sejumlah potensi maritim di Indonesia terus dikembangkan, seperti merealisasikan keberadaan tol laut dan perbaikan infrastrukturnya. “Hal ini perlu mendapat dukungan dari semua pihak, termasuk jajaran Lanal Denpasar juga siap mendukung sepenuhnya untuk mengamankan seluruh potensi maritim yang ada di Bali,” ujar Kolonel Oka.
 
Sebagai wujud bakti dan pengabdian TNI AL katanya, Lanal Denpasar senantiasa gencar melakukan serbuan maritim, berupa bakti sosial (baksos) dan karya bakti dalam membantu pemerintah daerah serta bersinergi dengan sejumlah instansi terkait untuk turut berupaya semaksimal mungkin guna mensejahterakan masyarakat Bali. “Bahkan untuk menghormati dan mengenang jasa para pahlawan, khususnya perjuangan pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai, jajaran TNI AL berencana meresmikan KRI Ngurah Rai yang dijadwalkan Oktober mendatang,” jelas Kolonel GB Oka.
 
Sebelumnya, ketika membacakan amanat tertulis Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, SE., MAP., Danlanal mengatakan, sebagai komponen utama kekuatan pertahanan negara, TNI AL menyadari bahwa terlahir dari rakyat dan senantiasa menjunjung tinggi tekad dan komitmennya untuk terus bersama-sama dengan rakyat, berusaha untuk mencegah dan menanggulangi setiap bentuk ancaman yang dapat mengganggu kelancaran, keberhasilan dan kesinambungan jalannya pembangunan nasional.
 
Peringatan Hari Jadi TNI AL Tahun 2017 ini bertemakan “Bersama rakyat, TNI Angkatan Laut siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian”. Implementasi dari tema tersebut adalah pelaksanaan berbagai kegiatan dengan melibatkan kontribusi dan partisipasi rakyat, seperti olahraga perairan, bakti sosial kesehatan berupa donor darah dan pengobatan massal, bersih-bersih pantai dan berbagai kegiatan lomba yang disesuaikan dengan kearifan lokal di masing-masing Kotama atau satuan kerja (satker) serta kegiatan “open day” dan “open ship”.
 
Sejalan dengan visi poros maritim dunia, pemerintah telah menetapkan kebijakan gelar kekuatan TNI yang tersebar di seluruh wilayah NKRI dan ditindaklanjuti oleh TNI dengan menetapkan rencana penguatan kemampuan TNI secara terpadu di pulau-pulau terluar (puter) dan strategis, yaitu Natuna, Yamdena Selaru, Morotai, Biak, dan Merauke.
 
Kebijakan pembangunan TNI AL kedepan akan menitik beratkan pada beberapa bidang prioritas, yaitu mempertajam orientasi modernisasi dengan menghapus alutsista tua dan menggantikannya dengan alutsista baru, menguatkan kemampuan TNI AL di pulau terluar strategis, membangun pangkalan untuk menyiapkan kekuatan, membatasi jumlah kegiatan yang tidak diperlukan dalam rangka mempermudah proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan serta evaluasi.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Lanal Denpasar juga menggelar beberapa kegiatan, di antaranya baksos donor darah, pemberian tali asih kepada anak-anak yatim dan para purnawirawan mantan anggota yang pernah berdinas di Mako Lanal Denpasar, lomba memancing, memasak, tiup peluit, dan lomba beberapa cabang olahraga serta melaksanakan olahraga bersama dengan instansi terkait.