Diposting : 21 April 2016 12:25
soegiarto - Bali Tribune
GM Corporate Business Solution Management Telkomsel Rini Apriliani memperagakan layanan MokaPOS.

Kuta, Bali Tribune

Membantu UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Indonesia dalam mengelola inventaris dan administrasi konsumen/pelanggan sehingga produktivitas dan perkembangan bisnisnya semakin baik, Telkomsel sebagai salah satu operator seluler anak perusahaan Telkom yang sahamnya sebagian besar dipegang Pemeerintah RI, bekerja sama dengan startup Moka meluncurkan MokaPOS (Point of Sales), yakni sebuah platform solusi finansial bagi UKM yang memungkinkan penggunaan telepon seluler (ponsel) dan tablet sebagai terminal untuk melakukan transaksi online secara real time di mana pun dan kapan pun.

Hal ini terungkap di sela-sela seminar bertema ‘Peran Internet dan Solusi Digital untuk Memaksimalkan Bisnis UKM’, serta peragaan layanan solusi MokaPOS yang dihadiri oleh para UKM di Bali, di Berry Biz Hotel, Jalan Sunset Road Kuta, Kabupaten Badung, Rabu (20/4).

Kesempatan tersebut, General Manager Corporate Business Solution Management Telkomsel, Rini Apriliani mengatakan solusi finansial digital bagi para pengusaha UKM ini berguna mempermudah pengelola bisnis melalui MokaPOS.

Sementara itu, CEO & CoFounder Moka, Haryanto Tanjo mengatakan ada jutaan UKM di Indonesia yang masih mengatur usaha mereka secara manual. “Jadi, berkerjasama dengan Telkomsel, Moka memudahkan para pemilik usaha untuk menggunakan aplikasi sistem kasir yang dapat diunduh langsung pada smartphone dan tablet. Dengan basis Cloud yang digunakan oleh Moka, pemilik usaha dapat mengakses laporan penjualan, inventaris dan lainnya secara real time,” jelasnya.

Disebutkan bahwa MokaPOS memungkinkan merchant melakukan transaksi pembayaran dari konsumen/pelanggan dengan menggunakan kartu kredit maupun kartu debit. Selain itu, platform ini juga dapat menyediakan laporan dan analisa keuangan secara real time tanpa harus menunggu sampai akhir hari. Bahkan tersedia fitur untuk pengelolaan karyawan dan inventaris, serta manajemen data dan feedback dari pelanggan.

Aplikasi MokaPOS dapat dengan mudah diunduh, dan penggunanya akan selalu mendapatkan update fitur-fitur terbaru secara gratis. Selain itu, berkat basis cloud yang digunakan oleh aplikasi ini, pelaku bisnis dapat mengelola usahanya kapan pun dan di mana pun dengan cukup melakukan sign in ke akun yang dimilikinya.

Sebagai wujud komitmen untuk mendukung perkembangan bisnis UKM di Indonesia, Telkomsel juga telah menghadirkan SME Corner yang dapat dijumpai oleh pelanggan di GraPARI Denpasar, GraPARI Banda (Bandung), GraPARI Pemuda (Surabaya), dan GraPARI Yogya. Di SME Corner ini, para pelaku UKM akan dilayani oleh agen customer service yang memiliki product knowledge lengkap tentang UKM.