Bali Tribune, Sabtu 21 Juli 2018
Diposting : 10 April 2018 21:14
Djoko Moeljono - Bali Tribune
tradisi
Keterangan Gambar: 
VANDEBOK -- Palaksa Lanal Denpasar Mayor Laut (P) Bambang Abdulah Basuki Rahmad melakukan tradisi siraman air kembang (Vandebok) kepada para prajurit TNI AL yang naik pangkat di Lapangan Mako Lanal Denpasar, Senin (9/4).
BALI TRIBUNE - PELAKSANAAN Upacara Laporan Kenaikan Pangkat Prajurit Lanal Denpasar digelar di Markas Komando (Mako) Lanal Denpasar, Senin (9/4). Adapun prajurit yang menerima kenaikan pangkat per 1 April 2018  sebanyak 17 orang, terdiri dari 8 Bintara, 8 Tamtama, dan seorang PNS.  
 
Selaku Inspektur Upacara (Irup) pada upacara tersebut, Palaksa Lanal Denpasar Mayor Laut (P) Bambang Abdulah Basuki Rahmad, mewakili Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) Gusti Bagus Oka Tapayasa, menyampaikan bahwa hakekat kepangkatan dalam kehidupan militer adalah merupakan simbol status yang mencerminkan besarnya tanggung jawab, tuntutan kemampuan, dan kedudukan seorang prajurit dalam organisasi TNI. Oleh karena itu, semakin tinggi pangkat berarti semakin tinggi pula tugas dan tanggung jawab yang diemban prajurit tersebut. “Selamat dan sukses kepada para prajurit dan PNS yang naik pangkat. Hal ini merupakan “reward” atas dedikasi dan loyalitas yang tinggi kalian kepada organisasi TNI, khususnya TNI AL,” ujarnya.
 
Dalam amanatnya yang dibacakan Palaksa, Danlanal Denpasar mengingatkan kepada para prajurit, terutama yang mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat dari pangkat sebelumnya, agar memiliki kewajiban moral untuk mempertanggung-jawabkan kenaikan pangkat tersebut dengan sebaik-baiknya kepada pimpinan dan institusi TNI maupun kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 
 
Danlanal juga berpesan bahwa yang terpenting dari sebuah pangkat dan jabatan adalah bagaimana selanjutnya dapat memberikan manfaat kepada bangsa, NKRI dan keluarga. “Bagi para prajurit yang belum mendapatkan kenaikan pangkat pada periode ini diharapkan ke depan untuk bisa bekerja lebih keras lagi dan melaksanakan tugas dengan baik disertai loyalitas serta totalitas dalam bekerja, agar periode berikutnya mendapatkan kesempatan unuk kenaikan pangkat,” harapnya.
 
Selesai pelaksanakan upacara, dilanjutkan dengan tradisi siraman air kembang dengan istilah "Vandebok" tradisi TNI AL kepada para prajurit yang naik pangkat yang dilaksanakan di Lapangan Mako Lanal Denpasar. Pada acara tersebut, Palaksa Lanal Denpasar berkesempatan memulai prosesi penyiraman air kembang terhadap satu persatu prajurit yang naik pangkat dan berturut-turut diikuti oleh para Perwira dan anggota Jalasenastri yang suaminya naik pangkat.