Diposting : 23 September 2019 00:17
Putu Agus Mahendra - Bali Tribune
Bali Tribune/ Atraksi Makepung Bupati Jembrana Cup 2018, Minggu (22/9) kemarin, berlangsung sengit hingga perlombaan akhirnya dimenangkan tuan rumah.
Balitribune.co.id | Negara - Lomba Makepung Bupati Jembrana Cup 2019 kembali dilaksanakan pada Minggu (22/9). Lomba yang digelar di Sirkuit Pakepungan Blatung Cina, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini diikuti ratusan pasang kerbau. 
Atraksi makepung kali ini berlangsung sengit hingga perlombaan dimenangkan tuan rumah.
 
Sejak awal pertandingan perlombaang antar kedua kelompok pakepungan yakni Sekha Ijogading Barat dan Sekha Ijogading Timur memang sudah berlangsung sengit. Seluruh sekha pakepungan bahkan sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari dengan menggelar latihan rutin. 
 
Total kerbau yang beradu pada event tahunan ini sebanyak 140 pasang yang terdiri dari 137 pasang kerbau dari Blok Barat Ijo Gading dan Blok Ijo Gading Timur 103 pasang kerbau. Blok Ijo Gading Barat tak terkalahkan pada dua grup, yaitu Grup A dan C.
 
Berdasarkan hasil setiap grup, Blok Ijo Gading Barat mendominasi pada Grup C dengan memenangkan 22 balapan dan Ijo Gading Timur memenangkan tujuh balapan. 
 
Sementara di grup B Blok Ijo Gading Timur balik mendominasi pertandingan, Blok Ijo Gading Timur memenangkan 13 balapan dan Blok Ijo Gading Barat memenangkan enam Balapan. Lalu grup A, Ijo Gading Barat membalikkan keadaan dengan memenangkan 8, sedangkan Ijo Gading Timur memenangkan dua balapan.
 
Selain semangat para sekah makepung yang sejak Minggu (21/9) sudah berada dilokasi bersama kerbau aduannya, antusiasme penonton juga tidak terkalahkan. Tidak hanya pendukung dari masing-masing sekha dan warga lokal Jembrana, tradisi khas Jembrana ini juga  ditonton oleh wisatawan domestik hingga wisatawan mancanegara. Bahkan penonton memadati areal sikuit agar dapat menyaksikan kerbau berpacu untuk menjadi juara tahunan. Para penton mengabadikan setiap moment saat kerbau beradu cepat.
 
Salah satu wisatawan asing yang mengabadikan moment makepung ini yakni pasangan Zaara dan Niece. Turis dari Jerman yang mengaku sengaja datang ke Jembrana menyaksikan petandingan ini sudah menginap di Jembrana beberapa hari sebelumnya. 
 
Ia mengaku bisa menyaksikan mekepung menjadi pengalaman yang luar biasa. “It’s my first time to Jembrana, and it was amazing experience” ucapnya. Zaara menjadi lebih gembira ketika di daulat mewakili salah satu sekha yang menjadi pemenang untuk menerima hadiah.
 
Pada event yang memperebutkan hadiah total sebesar Rp 100 juta ini, Blok Ijo Gading Barat berhasil mendominasi seluruh sesi perlombaan.
 
Berdasarkan hasil pertandingan di seluruh grup, Blok Ijo Gading Barat yang juga menjadi tuan rumah berhasil mendapatkan hadiah uang tunai Rp 27 juta dan trophy bergilir Bupati Jembrana Cup. 
 
Event selanjutnya akan digelar tahun 2020 mendatang dan Sekha Ijogading Timur akan menjadi tuan rumah. (u)
https://www.instagram.com/hondafansbali/