Bali Tribune, Senin 16 Juli 2018
Diposting : 13 July 2016 14:31
habit - Bali Tribune
Liburan
Keterangan Gambar: 
Ignasius Jonan

Sidoarjo, Bali Tribune

Menteri Perhubungan Republik Indonesia Ignasius Jonan memprediksikan akan kembali terjadi lonjakan penumpang pada akhir pekan ini atau pada Jumat (15/7) dan Sabtu (16/7) menyusul berakhirnya musim liburan siswa.

“Prediksi saya memang terjadi dua kali puncak arus balik yaitu pada H plus tiga dan juga pada akhir pekan besok yakni di tanggal 15 dan 16 Juli karena pada tanggal 18 siswa sudah mulai aktif sekolah,” katanya saat dikonfirmasi di Terminal Purabaya Surabaya di Bungurasih Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (11/7) malam.

Ia mengemukakan, pada saat akhir musim liburan sekolah memang ada kecenderungan ada peningkatan jumlah penumpang yang menggunakan sarana angkutan.

“Prediksi kami pada Jumat atau Sabtu ini akan ada peningkatan lagi karena pada tanggal 18 siswa sudah mulai sekolah,” katanya.

Ia mengatakan, secara umum pelaksanaan arus mudik dan balik yang ada di Provinsi Jawa Timur sudah sangat bagus dan kompak jika dibandingkan dengan provinsi yang besar lainnya.

“Mulai dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, pemerintah kota, pemerintah kabupaten semuanya kompak. Selain itu, Polres, Polda dan unsur TNI nya semuanya kompak,” katanya.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan melakukan komunikasi dengan organda untuk membahas angkutan bus antarkota antarprovinsi untuk senantiasa meningkatkan keselamatan.

“Yang paling penting adalah peningkatan keselamatan seperti sabuk pengaman, penunjuk kecepatan, rem tangan, ban harus sesuai standar karena semuanya itu harus ada standar tersendiri supaya bus tidak ditinggalkan,” katanya.

Namun demikian, pihaknya optimistis jika angkutan bus itu harus tetap ada untuk melayani masyarakat karena seperti negara-negara besar, angkutan bus penghubung jarak jauh masih tetap diperlukan.

“Saya tidak bisa membayangkan kalau bus tersebut tidak ada. Bus harus tetap ada. Karena tidak mungkin semua orang akan menggunakan kereta api, kapal dan juga pesawat untuk berpergian kalau tidak ada bus,” katanya.

Sebelum mengunjungi Terminal Purabaya Surabaya, dirinya bersama dengan rombongan juga sempat mengunjungi Gapura Nusantara di Perak Surabaya, Stasiun Pasar Turi Surabaya dan juga di Terminal Purabaya Surabaya di Bungurasih Sidoarjo.