Diposting : 4 September 2017 18:07
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Pilkada
Keterangan Gambar: 
RELAWAN SUWIRTA -- Di Posko Relawan Suwirta, Jumat (1/9) malam, Relawan Suwirta menggelar deklarasi untuk mendukung Nyoman Suwirta, yang saat ini masih menjabat Bupati Klungkung, agar kembali bertarung dalam Pilkada Klungkung 2018.

BALI TRIBUNE - Ratusan warga yang bergabung dalam komunitas Relawan Suwirta menggelar deklarasi untuk memberikan dukungan kepada I Nyoman Suwirta, yang saat ini masih menjabat Bupati Klungkung, agar kembali bertarung dalam Pilkada Klungkung 2018.

Deklarasi ini dipusatkan di Posko Relawan Suwirta di Jalan Kebo Iwa, Banjar Tangkas, Kelurahan Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Jumat (1/9) malam. Turut hadir, kandidat I Nyoman Suwirta beserta Nyonya Ayu Suwirta, serta ratusan Relawan Suwirta, termasuk kelompok masyarakat yang mengatasnamakan Teman Suwirta.

Ratusan relawan sudah berkumpul sejak pk.17.00 Wita untuk menyatakan dukungannya kepada Nyoman Suwirta agar kembali maju dalam Pilkada Klungkung 2018. Sekitar pk.19.00 Wita, Nyoman Suwirta tiba di lokasi dan langsung menemui para relawan.

Sambil berorasi, para relawan berulang kali meneriakkan yel-yel “Suwirta-Menang”, “Klungkung Sejahtera”. Ketua Relawan Suwirta, Putu Yudhi Pasek Kusuma mengatakan, deklarasi ini untuk mendukung Nyoman Suwirta agar mau maju lagi dalam Pilkada Klungkung mendatang.

Hal ini karena pihaknya melihat figur Suwirta yang mempunyai komitmen membangun Klungkung, terlebih semenjak menjabat bupati terjadi banyak perubahan di “Gumi Serembotan” ini. Di antaranya, wajah Kota Semarapura menjadi lebih indah, memberi kesempatan kepada seniman untuk tampil di areal Monumen Puputan Klungkung setiap sebulan sekali dalam program “Klungkung Menari” dan lainnya, serta perbaikan infrastruktur jalan. “Lewat deklarasi ini, kami inginkan beliau maju kembali,” harapnya.

Pihaknya murni mendukung Suwirta. Mengenai lewat kendaraan partai apa nanti maju dan siapapun wakilnya, pihaknya siap menerima. “Yang jelas, nanti beliau bisa maju sebagai calon bupati, partai apapun boleh mengusung kandidat Nyoman Suwirta,” katanya.

Relawan Suwirta ini terbentuk sejak 3 bulan lalu atas dasar spontanitas yang berawal dari komunikasi di media sosial (medsos), dan saat ini jumlahnya mencapai 1.600 orang. Mengenai langkah selanjutnya, pihaknya akan terus melakukan pergerakan ke masyarakat untuk menginformasikan lebih mendalam tentang sosok Suwirta dan program yang sudah dilakukan.

“Kami juga akan menjajaki masyarakat Klungkung yang ada di luar daerah agar nanti menggunakan hak suaranya saat pilkada,” katanya, seraya menjelaskan, ada sekitar 1.200 warga Nusa Penida yang kini berada di Denpasar, di mana pada pilkada sebelumnya mereka tidak menggunakan hak pilihnya.

Bupati Suwirta dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada para relawan yang senantiasa memberikan dukungan. Meskipun nama relawan berbeda-beda, ia meminta agar mereka semuanya harus bersatu. “Tugas sayalah untuk menyatukan,” ujarnya.

Nyomaan Suwirta menegaskan, dalam pilkada mendatang, pihaknya menghormati semua partai jika ikut mengusung dirinya. “Saya juga sudah sampaikan kepada relawan, agar siapapun figur lain yang maju untuk tetap menghargai, tidak saling menjelekkan atau meremehkan. Karena mereka memiliki hak yang sama,” kata Nyoman Suwirta mengingatkan.

Acara deklarasi relawan Suwirta ini juga diisi dengan pentas musik dan lawak bondres Denok cs.