Diposting : 11 May 2019 17:50
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
/yue. Pameran lukisan di hotel.

Balitribune.co.id | Denpasar - Pameran seni rupa hasil karya seniman di tanah air diharapkan mampu menarik kedatangan dan menambah lama tinggal wisatawan asing di Pulau Bali. Tidak sedikit pameran seni rupa yang meramaikan industri pariwisata Bali. Event yang menyajikan sejumlah lukisan bertema budaya banyak dipamerkan di hotel-hotel yang ada di Badung, Denpasar dan Ubud, Gianyar. 

Selain untuk menambah atraksi wisata saat wisatawan berada di dalam hotel, pameran lukisan juga menjadi ajang pertemuan antara para seniman dan wisatawan. Kurator, Wayan Seriyoga Parta, ditemui di Denpasar beberapa waktu lalu, menjelaskan, dilihat dari sejarah pariwisata Bali, seni rupa dan pertunjukkan yang dulu mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Bali.

Tidak hanya wisatawan yang tujuannya untuk berlibur menikmati budaya Bali, tokoh-tokoh seni dan peneliti atau para ahli antropologi juga tertarik datang ke Pulau Seribu Pura ini guna mempelajari seni budaya Bali.Sekarang tinggal bagaimana para pelaku seni rupa dapat menyadari potensi tersebut. Terlebih, peluang untuk berpameran di hotel makin terbuka. Tak hanya di galeri saja.

 “Banyak hotel kini membuat pameran seni. Bahkan, ada salah satu hotel yang menghadirkan pameran seni kontemporer secara kontinu untuk mem-branding hotelnya,” kata dia. Menurut Seriyoga, bagaimana kiat manajemen menjadikan seni budaya tersebut sebagai branding yang luar biasa, ini yang belum dipahami sepenuhnya. Sehingga hal itu tidak dilakukan oleh hotel-hotel lainnya.

“Memang ada salah satu hotel melakukan itu dengan menghadirkan virtual galery. Bahkan akan diturunkan menjadi aplikasi berbasis HP di Smartphone,” ucap Seriyoga. Di Sanur, saat ini ada beberapa hotel menghadirkan karya lukis seniman lokal dan mampu memikat wisatawan. Seorang pelukis, Arya Trimni Putra, pun beberapa waktu lalu telah menggelar pameran di salah satu hotel.

Karya seni kontemporer berupa lukisan tersebut mendapat perhatian dari kalangan wisatawan asing. Tidak saja mereka yang menginap di hotel tersebut. Bahkan, ada wisatawan yang menginap di dari tempat lain pun penasaran untuk melihat secara langsung lukisan-lukisan yang dipamerkan itu. Lukisan-lukisan tersebut membuat para wisatawan yang berada di Sanur cukup terkesan. (*)

https://www.instagram.com/hondafansbali/