Diposting : 12 February 2019 22:44
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Bali Tribune/ Mayjen TNI Benny Susianto, SIP.
Bali Tribune,Denpasar - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto SIP meminta agar Harian Umum Bali Tribune tetap menjunjung objektifitas dan berimbang serta selalu mengedepankan edukasi dalam pemberitaannya. Harapan itu disampaikan Pangdam berkaitan dengan HUT ke-15 Bali Tribune, Sabtu (9/2/2019).
 
“Selamat merayakan hari ulang tahun yang ke-15, semoga Bali Tribune tetap eksis untuk terus mewujudkan dan memberitakan informasi yang menjunjung objektif dan berimbang serta selalu mengedepankan edukasi,” ujar Pangdam, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (11/2) kemarin.
 
Bersama seluruh media yang lain, Benny Susianto juga berharap Bali Tribune sebagai media mitra TNI dapat terus menyuarakan visi misi TNI serta mempublikasi berbagai kegiatan di jajaran Kodam IX/Udayana. “Tuhan Maha Tahu apapun yang terjadi di dunia termasuk yang kita kerjakan, yang penting dilakukan dengan tulus dan iklhas. Tetapi dunia juga perlu diberitahu tentang apa pun yang sudah kita kerjakan melalui pemberitaan media,” kata Pangdam. 
 
Menurut Jenderal TNI  bintang dua itu, peran media cukup besar dan sangat efektif dalam proses pembangunan bangsa dan NKRI, tetapi hal itu sangat tergantung kepada media itu sendiri. “Manakala media itu bijak dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dan benar. Karena, melalui berita-berita yang disiarkan kemudian dibaca masyarakat, hal itu menjadi bagian dari proses edukasi kepada masyarakat,” katanya.
 
Sebaliknya sambung Pangdam, jika media itu sering memberitakan informasi hoaks, maka sangat berpotensi menjadi penghambat terhadap proses pembangunan bangsa ini. Media juga menjadi salah satu pilar pembangunan bangsa, jadi bukan hanya peran TNI-Polri, perangkat eksekutif dan legislatif saja, dimana diharapkan peran media bisa menjadi penyelaras dinamika yang muncul di tengah masyarakat, terkait pendapat maupun aspirasi masyakat, sehingga peran media juga menjadi sarana untuk mengkomunikasikan dan mengedukasi masyarakat.
 
Jika media menyadari dan mampu memberikan ulasan yang tajam dalam membangun image di tengah dinamika sosial masyarakat, maka harus bisa menempatkan dirinya secara netral untuk memberitakan kebenaran dan edukasi, bukan berita provokasi atau hoaks.
 
Benny Susianto juga mengapresiasi peran media selama setahun ia menjabat Pangdam IX/Udayana. “Terima kasih atas perannya selama ini, sehingga Kodam IX/Udayana dinilai paling produktif dalam memberikan berbagai kegiatan yang dilakukan jajaran TNI di wilayah Bali, NTB, dan NTT. Ini semua berkat peran dan sumbangsih rekan-rekan media,” tuturnya.
 
Sempena HUT ke-15 Harian Umum Bali Tribune, 9 Februari 2019 puluhan ucapan melalui karangan bunga dikirimkan pejabat, dan tokoh  Bali. Di antaranya Ketua Umum Pengurus Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat Mayjen (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, SE, MTr Han, Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh AM Suharyadi, SIP, MSi, Danrem 162/Wira Bhakti, Danrem 162/Wira Bhakti Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, SSos, SH, MHan.
 
Termasuk ucapan serupa dari Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia Ida Penglingsir Agung Putra Sukahet, Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) Hendricus Prihantoko, Danlanud I Gusti Ngurah Rai Kolonel Pnb Wibowo Cahyono Soekadi, SSos, Danpomdam IX/Udayana Kolonel Cpm Tugino, SSos, SH, MH, Dandenpom IX/3 Denpasar Letkol Cpm Harjono Pamungkas Putri, SH, MH, serta PHRI, IHGMA, dan puluhan pejabat yang pernah menjadi narasumber Bali Tribune.