Bali Tribune, Rabu 22 November 2017
Diposting : 24 October 2017 21:24
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Pasar Seni
Keterangan Gambar: 
Suasana di Pasar Seni Guwang

BALI TRIBUNE - Pasar Seni Guwang yang berada di Kecamatan Sukawati Gianyar menjadi salah satu wisata belanja alternatif bagi wisatawan saat berwisata di Kabupaten Giaanyar. Pasar seni ini juga menawarkan aneka suvenir khas Bali yakni berupa produk pakaian Bali, lukisan dan kerajinan tangan lainnya seperti yang dijual di Pasar Sukawati.

Wisatawan pun merasakan kenyamanan melakukan wisata belanja di Pasar Seni Guwang. Saat ditemui Kamis (19/10) di pasar seni setempat salah seorang wisatawan dari Jakarta, Hesty Wijayanti, menyatakan berbelanja di Pasar Guwang lebih nyaman karena pasarnya yang tertata dengan rapi. Sehingga dia pun lebih mudah menemukan produk kerajinan yang ingin dibelinya. "Belanja di Pasar Guwang ini cukup nyaman, karena pedagang yang ada lebih tertata," katanya.

Di pasar tersebut wisatawan dapat membeli berbagai jenis produk lainnya seperti pernak pernik kalung juga aneka tas yang terkesan klasik. Bahkan saat ini wisatawan yang datang ke Pasar Seni Guwang biasanya memburu pernak pernik kalung dan gelang. Menurut salah seorang pedagang, Anak Agung Ayu Satyawati, sekarang ini yang paling laku adalah kalung dengan tema burung hantu. Produk tersebut kata dia sedang tren dikalangan wisatawan domestik. 

Selain aneka produk pakaian dan kerajinan, Pasar Seni Guwang juga memiliki areal yang menjual makanan dan minuman ringan yang terletak di sisi selatan areal parkir. Di areal ini, terdapat penjual minuman dan buah-buahan.

Akhir-akhir ini pengunjung sebagian besar adalah wisatawan asal Tiongkok. Sebab pasar ini menjadi salah satu jalur yang dilalui wisatawan grup dari Tiongkok menuju sejumlah destinasi wisata di Bali. "Wisatawan Tiongkok ini datang secara bergrup dan mereka bisa bebas berbelanja selama beberapa waktu," terang Satyawati.

Para pedagang merasa letak Pasar Seni Guwang yang strategis menjadi pemicu minat wisatawan mampir membeli oleh-oleh di pasar ini. Bahkan untuk wisatawan grup pun pasar ini sangat memadai dengan ketersediaan parkir yang bisa menampung 30 bus.

Selain karena lokasi, pasar ini didatangi wisatawan karena menawarkan harga yang cukup terjangkau. Wisatawan pun jika tidak puas dengan harga yang diberikan bisa dengan leluasa melakukan tawar menawar untuk mendapatkan harga sesuai keinginan.