Diposting : 22 June 2018 23:50
redaksi - Bali Tribune
Budaya
Pawai Budaya yang digelar Pemkab Karangasem dalam rangka memeriahkan HUT Kota Amlapura ke-378.
BALI TRIBUNE - Guna memeriahkan rangkaian perayaan HUT Kota Amlapura ke 378, Pemkab Karangasem menggelar pawai atau parade budaya yang diikuti oleh peserta dari seluruh Kecamatan di Karangasem. Pawai budaya yang menampilkan berbagai seni adat dan tradisi yang ada dimasing-masing kecamatan di Karangasem ini dibuka langsung oleh Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri serta dihadiri oleh Wakil Bupati, I Wayan Artha Dipa serta jajaran Forkopimda dan pejabat dilingkungan Pemkab Karangasem.
 
 Pawai budaya ini mendapat antusias yang luar biasa dari masyarakat Karangasem, dimana ribuan warga hadir memenuhi arena pawai termasuk disepanjang rute pawai yang dilalui. Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri, dalam sambutannya mengatakan, Kota Amlapura dihari jadinya yang ke 378 telah banyak hal yang dilalui oleh masyarakat kota Amlapura. Oleh karena itu Bupati mengajak masyarakat untuk menjadikan peringatan HUT Kota Amlapura ini sebagai mementum untuk mengevaluasi diri sehingga mampu untuk berubah dan berkembang kearah yang lebih baik.
 
 “Amlapura sebagai ibu kota kabupaten telah banyak mengalami kemajuan, bukan saja dari sisi kesejahteraan masyarakatnyadan hal tersebut harus dikembangkan lagi,” tegas Mas Sumatri. Oleh karena itu kata Bupati perempuan pertama di Karangasem ini, dukungan dari seluruh lapisan masyarakat sanhat diperlukan dalam upaya membangun Kabupaten Karangasem khususnya Kota Amlapura, agar menjadi lebih maju dan mampu bersaing dengan kabupaten lainnya.
 
 “Momentum hari jadi Kota Amlapura ini merupakan event untuk memperkenalkan dan mempromosikan seni dan budaya Karangasem kepada dunia Internasional, dengan harapan kegiatan ini mampu memberikan dampak positif terhadap pembangunan dan industri pariwisata yang berbasis budaya,” tandas Bupati.
 
 Pembangunan  bidang kebudayaan yang mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai budaya di masyarakat kata Mas Sumatri, tidak bisa terlepas dari pembangunan sektor pariwisata karena satu sama lain saling berkaitan. “Dan pawai budaya yang diselenggarakan saat ini merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan untuk memperingati hari jadi Kota Amlapura  ke 378,” sebutnya.
 
 Karena itu dengan digelarnya pawai budaya ini segala potensi seni dan budaya bisa dilestarikan serta diharapkan bisa memotivasi semangat seni dan budaya di kalangan generasi muda. Sementara itu pawai budaya kemarin mengambil tema “Membangkitkan potensi san jati diri seni budaya lokal”.