Diposting : 8 June 2019 19:08
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ PERBAIKI - Dirut PDAM Klungkung Nyoman Renin Suyasa ikut memperbaiki pipa yang bocor di Gembalan karena kejepit akar pohon.
balitribune.co.id | Semarapura - Walaupun sering dihujat oleh kalangan tertentu pelanggan yang terkadang lontarkan kata kata tidak patut dan kurang etika baik ditelpon maupun di medsos, PDAM Klungkung terus berupaya minimal mengurangi keluhan dalam melayani konsumen yang ribuan  tidak menyadari seluruh staf PDAM Klungkung Pel tersebar baik di Klungkung daratan maupun di Nusa Penida. Pihak Management PDAM Klungkung terus berupaya maksimal memberikan pelayanan pada konsumen jika ada keluhan yang disampaikan.
 
Walaupun begitu karena usia pipa yang terpasang juga sudah banyak yang karatan maupun keropos jika terjadi kebocoran hal itu pasti terjadi dan merupakan tanggung jawab PDAM untuk segera menuntaskan perbaikannya. Seperti, Jumat (7/6), layanan PDAM Klungkung kembali terganggu, selain karena gangguan layanan listrik yang membuat pompa di mata air Rendang tidak bisa beroperasi, kali ini penyebabnya pipa induk diameter 14 kembali bocor di kawasan Gembalan Desa Selat, sehingga mau tidak mau PDAM harus kerja keras kembali untuk melakukan perbaikan pipa bocor tersebut. 
 
Hal itu dikemukakan langsung oleh Dirut PDAM Klungkung Nyoman Renin Suyasa saat ditemui disela sela perbaikan jaringan pipa yang bosor di Gembalan.m“Kondisi ini membuat Perusda PDAM Tirta Mahottama Klungkung harus bekerja ekstra keras  menormalkan jaringan dan aliran air menuju kerumah konsumen di Klungkung ,” ujarnya seraya mengusap peluhnya yang bercucuran saat ikut turun langsung mengawasi perbaikan.
 
Dirinya maunya mengerjakan perbaikan tersebut pada malam hari mulai pukul 22.00 Wita sampai pagi selesai, namun mengingat bocornya deras diambil kesimpulan perbaikan tetap dilaksanakan siang hari mulai pukul 11.00 Wita sampai selesai. Dari pantauan usai perbaikan sekitar 2 jam setelah itu air kembali mengucur di rumah konsumen.
 
Menurutnya, kali ini penyebab bocornya jaringan induk tersebut cukup unik. Pipanya bocor karena terjepit akar pohon di jalur  Gembalan, Desa Selat. Situasi demikian cukup sulit ditangani, kecuali pohonnya langsung ditebang. "Pipa diameter 14 masih di jepit akar pohon. Sehinggga bocornya tidak semua bisa ditanggulangi. Saya masih harus koordinasi dengan pihak DLHP dan BPBD untuk penebangan pohon tersebut. Sampai akhirnya diturunkan alat berat penyekop tanah serta perbaikan lancar dilakukan," ujar Direktur PDAM Nyoman Renin Suyasa. 
 
Dengan adanya gangguan kebocoran  jaringan ini, pihak PDAM sempat mengeluarkan permakluman kepada semua pelanggannya, khususnya pada pelanggan di Kecamatan Klungkung. Seperti pelanggan di Kota Semarapura, Jalan Ahmad Yani, Jalan Hasanuddin dan sekitarnya. "Saat ini jaringan sudah mulai normal. Air sudah mulai mengalir kembali. Tetapi, untuk perbaikan menyeluruh, akar pohonnya harus dibersihkan dulu," tegasnya. 
 
Terkait dengan pelayanan, pihaknya menambahkan, serangkaian hari libur nasional dan cuti bersama, PDAM Tirta Mahotama Klungkung, tetap melakukan pelayanan . Pelayanan berlangsung seperti biasa, baik di Kantor Pusat maupun Kantor Unit di Kecamatan Dawan, Banjarangkan dan Nusa Penida. Lebih jauh Nyoman Renin meminta masyarakat Konsumen silahkan jika ada gangguan melapor kepihaknya, namun dirinya meminta tolong hargai stafnya yang sudah berjuang sekuat tenaga mengatasi kebocoran, jangan malah dibully dan dikata katai kasar. 
https://www.instagram.com/hondafansbali/