Diposting : 19 April 2019 23:34
Putu Agus Mahendra - Bali Tribune
Bali Tribune/Entry data Situng di KPU Jembrana hingga Jumat kemarin masih berproses.

balitribune.co.id | NegaraKendati rekapitulasi perolehan suara resmi Pemilu 2019 di tingkat kecamatan baru mulai hari ini Sabtu (20/4), namun sejumlah partai politik di Jembrana sudah memprediksi perolehan suara dan kursi mereka di legislatif. PDIP yang berhasil merebut 14 kursi dari 35 kursi DPRD Kabupaten Jembrana pada Pemilu 2014, kini pada pemilu 2019 memprediksi memperoleh 19 kursi, dan tetap meraih dua kursi dari empat kursi di DPRD Provinsi Bali.

Ketua DPC PDIP Jembrana I Made Kembang Hartawan dikonfrimasi Jumat (19/4) menyatakan prediksi penambahan 2 kursi DPRD Bali tersebut berdasarkan penghitungan internal sementara yakni dari Dapil Jembrana 1 dan Dapil Jembrana 4.

Prediksi perolehan kursi di DPRD Provinsi Dapil Jembrana caleg yang sudah hampir dipastikan lolos itu adalah I Ketut Sugiasa (Ketua DPRD Kabupaten Jembrana) dan I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi (Petahana). “Kami optimis dengan perkiraan 19 kursi di kabupaten dan 2 kursi di provinsi. Saya pribadi sangat puas sekali atas pencapaian ini. Karena ini menyangkut kinerja dan citra partai. Saya akan terus berusaha menjaga kepercayaan ini” tandas Wakil Bupati Jembrana ini.

Sementara Ketua DPD II Golkar Jembrana I Wayan Suardika juga mengklaim perolehan suara Golkar pada elektroral legislatif pemilu 2019 ini naik. Bahkan ia berani memastikan kursi partainya di dewan bertambah dari awalnya 4 kursi, menjadi 5 kursi. Perolehan kursi itu terbagi rata di lima dapil. Bahkan ia yakin di Dapil Pekutatan yang merupakan dapil termuda meraih satu kursi.

“Secara umum suara kita naik, di Mendoyo dan Melaya. Di Pekutatan kita dapat satu kursi, tapi suara masih stagnan,” tegas Anggota Komisi C DPRD Jembrana ini.

Begitupula Ketua DPC Gerindra Jembrana I Kade Darma Susila yang menyatakan dengan suara yang diperoleh pada pemilu kali ini empat kursi masih akan diperoleh partainya di DPRD Kabupaten Jembrana. Bahkan pihaknya memprediksi mendapat tambahan 1 kursi lagi kendati menurutnya masih bersaing dengan partai lain.

“Ini masih berjalan, tapi dengan perolehan kali ini kami yakin masih dapatkan 4 kursi di Dewan,” ujarnya. Ketua DPC Demokrat I Wayan Wardana juga meyakini masih bertahan empat kursi.

Sedangkan Ketua KPU Jembrana I Ketut Gede Tangkas menyatakan belum melakukan rekapitulasi perolehan suara. “Apapun kondisi C1, kami tidak ada merekap. Yang sekarang kami lakukan adalah scan, entry dan pindai,” ujarnya.

Bahkan untuk entry data pada Sistem Penghitungan (Situng) KPU ini pihaknya mengaku belum rampung semuanya kendati dilaksanakan 24 jam tanpa henti. Rekapitulasi perolehan suara baru akan dimulai dari tingkat PPK Sabtu hari ini. “Rekapitulasi kabupaten baru akan dilakukan setelah tanggal 4 Mei,” tandasnya.