Diposting : 28 June 2016 14:47
redaksi - Bali Tribune
ATM
Keterangan Gambar: 
DIAMANKAN - Pelaku pembobol ATM diamankan polisi.

Gianyar, Bali Tribune

Sempat menjalani pemeriksaan intensif di Mapolres Gianyar, dua warga Bulgaria yang kepergok membobol ATM akhirnya dilimpahkan ke Polda Bali, Senin (27/6). Keduanya adalah Toma Haralampiev Kelevski (33) dan Kiril (32), kewarganegaraan Bulgaria. Kasat Reskim Polres Gianyar, AKP Marzel Doni, menjelaskan, Kiril dan Toma Kelevski diamankan karena kepergok melakukan aksi pembobolan dan penyadapan melalui ATM Bank BNI di Coco Supermarket Batubulan, pada Sabtu (25/6) dini hari.

Pelaku ditangkap oleh warga bersama petugas Polsek Sukawati setelah menerima laporan petugas teknisi ATM tersebut. “Awalnya termonitor di kontrol mesin ATM tersebut error. Tiga orang teknisi BNI yakni Muji Krisyantoro (25), Tri Ito Yudiarso (21) dan I Nyoman Janu Arta (26) langsung mengecek ke lokasi,” terangnya. Hingga di lokasi, mereka melihat sejumlah WNA keluar masuk ATM Bank BNI. Setelah dicek ternyata salah satu alat di mesin ATM diganti, diduga dilakukan oleh orang asing tersebut.

Beberapa menit kemudian, sejumlah WNA terlihat kembali ke ATM tersebut. Setelah bule ini keluar, teknisi BNI kembali melakukan pengecekan dan ternyata alat modem yang hilang sudah terpasang kembali. “Curiga ada yang tidak beres, tim teknisi mencoba untuk memantau dari jauh dibantu warga dan petugas Polsek Sukawati. Ternyata benar, WNA ini pun kembali ke ATM tersebut. Tidak menunggu lama, petugas membekuknya. “Kiril dan Toma Kelevski berhasil kami bekuk dan satu orang lainnya berhasil lolos,” terangnya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, lanjutnya, kuat dugaan mereka terkait dengan sindikat pembobolan ATM berjejaring internasional. Karena itu, untuk proses pengembangan , kasus ini langsung dilimpahkan ke Dirkrimum Polda Bali. “Untuk pengembangan lebih lanjut, kedua WNA itu kami limpahkan ke Polda Bali. Dari modus pembobolan yang mereka lakukan, pelaku diduga spesialis pembobol ATM berjejaring internasional,” pungkasnya.