Bali Tribune, Minggu 27 Mei 2018
Diposting : 13 February 2018 23:08
Komang Arta Jingga - Bali Tribune
ritual
Keterangan Gambar: 
Bupati Eka Wiryastuti dismbut sejumlah warga saat hadir dalam pelaksanaan ritual pemelaspasan Tapakan Ratu Gede Lingsir dan Ratu Mas Ayu Pura Dalem Cemeng di Br. Kuwum Bija Desa Kuwum Ancak, Marga,Senin (12/2) kemarin.
BALI TRIBUNE - Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti didampingi Camat Marga, I Gusti Ngurah Alit Adiatmika,Senin (12/2) kemarin menghadiri pelaksanaan ritual Dewa Yadnya berupa pemelaspasan Tapakan Ratu Gede Lingsir dan Ratu Mas Ayu Pura Dalem Cemeng di Br. Kuwum Bija Desa Kuwum Ancak, Marga.
 
Hadir mendampingi Bupati, anggota DPRD Tabanan, I Putu Eka Putra Nurcahyadi dan I Wayan Sudiana, Ketua PHDI Tabanan, I Wayan Tontra serta sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat setempat.
 
Usai mengikuti persembahyangan, Bupati Eka menyatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu implementasi program Pemkab Tabanan dalam upaya pelestarian adat, seni dan budaya.
Kepada masyarakat pengempon Pura Bupati Eka berpesan agar senantiasa melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Pemerintah Daerah.
 
Menurutnya, koordinasi dan komunikasi tersebut sangatlah penting sebagai upaya menyelesaikan masalah di masyarakat.
 
“Masyarakat mangdane selalu koordinasi lan komunikasi sareng  Pemerintah. Agar napi ne dados pikobet mresidayang diselesaikan dengan cepat. Apapun itu bentuk rencana dari Desa, koordinasi dan komunikasi harus tetap nyambung dengan Pemerintah, sehingga apa yang kita cita-citakan bisa cepat terwujud,” paparnya.
 
Pada kesempatan itu, selain menyerahkan punia Bupati asal Tegeh ini menyempatkan diri untuk menarikan Tari Pendet serta Rejang Dewa.
 
 “Tolong, seni, adat dan budaya serta Agama di bali ini selalu diperhatikan dan dilestarikan. Pendet (Tari Pendet) merupakan tarian yang berasal  dari Tabanan, dan kita sebagai orang Tabanan wajib melestarikan tarian tersebut. Serta Banggalah jadi warga Tabanan,” pungkasnya.
 
Puncak karya pemelaspasan Tapakan Ratu Gede Lingsir dan Ratu Mas Ayu Pura Dalem Cemeng di Br. Kuwum Bija Desa Kuwum Ancak, Marga berlangsung saat rahina Buda Kliwon Ugu, Rabu (14/2) besok.